oleh

Peringatan HUT ke-75 TNI Di Kodam XIV Hasanuddin Jokowi Menyampaikan Beberapa Pesan

MAKASSAR-Kodam XIV Hasanuddin memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang ke-75, pada hari Senin, 5 Oktober 2020.

Gedung baruga, kodam XIV Hasanuddin menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ucapara dalam memperingati HUT TNI yang ke-75.

namun sebelum upacara dilaksanakan, diadakan lomba baris-berbaris dijajaran TNI sebagai rangkaian dari acara HUT TNI.

Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya, dimana upacara peringatan HUT ke-75 TNI dilakukan secara virtual, hal tersebut dikarenakan adanya wabah covid-19.

 

Upacara yang berlangsung di depan gedung baruga, nampak dihadiri oleh pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, S. E., M.M., Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M.,
Marsekal Pertama TNI Minggit Tribowo, S.Ip., Irjen Pol. Drs. H.Merdisyam, M.Si. yang merupakan Polda Sulsel, dan turut dihadiri oleh wakil gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T.

Upacara yang berlangsung secara virtual, dipimpin langsung oleh Presiden RI bapak Ir. H. Jokowidodo, dalam sambutannya presiden menyampaikan bahwa HUT TNI tidak hanya menjadi diperingati oleh TNI namun rakyat Indonesia turut menikmati suasana peringatan HUT TNI.

Dalam perjalanan sejarah panjang TNI, sebagai panglima tertinggi TNI, bapak presiden menaruh harapan besar atas transformasi TNI, sebagai bentuk respon terhadap dunia yang bergerak sangat cepat, maka dinamika global harus direspon secara adaptif oleh TNI.

“Kondisi hari ini dimana persaingan global semakin ketat, baik konvensional dan transnasional dibutuhkan upaya yang lebih besar dalam pengembangan dibidang teknologi”. Ucap jokowi.

Pengembangan teknologi nano, kecerdasan buatan dan peningkatan kualitas SDM adalah tujuan selanjutnya dalam meningkatkan kualitas TNI, tambahnya.

Sisi pertahanan nasional juga disinggung oleh presiden dalam hal mindset membangun pertahanan nasional Indonesia.

“Kita harus mengarah kepada kebijakan investasi pertahanan bukan lagi kepada kebijakan belanja pertahanan, demi menjaga kekuatan pertahanan kita kedepannya”. ucap presiden Jokowi.

Upacara yang dilaksanakan secara virtual, turut dihadiri oleh pasukan TNI yang sedang bertugas di perbatasan terluar seperti natuna, Papua serta pasukan perdamaian yang berada di kongo.

Ucapan terima kasih disampaikan langsung oleh presiden kepada segenap TNI dalam menjalankan tugas, setia kepada NKRI serta terlibat aktif dalam penanganan pembakaran hutan, menjaga lingkungan dan penanganan covid-19.

Dengan selesainya upacara HUT TNI ke – 75, dilanjutkan dengan penampilan tarian-tarian sebagai bagian dari rangkaian acara ulang tahun TNI.

Selamat ulang tahun untuk TNI yang ke-75, semoga semakin jaya dilaut, darat dan udara, sinergi untuk negeri. (Firman)

News Feed