DaerahUncategorized

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dinkes Mubar Kunjungi Semua Puskesmas

×

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dinkes Mubar Kunjungi Semua Puskesmas

Sebarkan artikel ini

MUNA BARAT-Dalam meningkatan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, Dinas Kesehatan Muna Barat melalui Bidang Kesehatan Masyarakat mengunjungi semua puskesmas di wilayah Muna Barat.

Kabid Kesmas Dinkes Mubar, Nani Suarny menyampaikan bahwa puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat. “Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan. Jadi, kunjungan kami adalah untuk melihat dan memantau kinerja pelayanan kesehatan di semua puskesmas,”ujar Nani, Jum’at (28/08/2020).

Click Here

Selain itu, Kabid Kesmas Mubar, Nani menghimbau seluruh masyarakat Mubar untuk dapat menyajikan makanan bergizi dan makanan yang terbuat dari bahan pangan lokal. Juga agar membawa buah hatinya sebulan sekali ke pos layanan terpadu (Posyandu) guna mencegah stunting.

“Sebulan sekali anak-anak harus dibawa ke Posyandu untuk ditimbang. “Diukur tinggi badannya dan dicatat secara rutin. Ini penting sekali bagi ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita, agar kita tahu anak kita stunting atau tidak. Jangan sampai anak kita kerdil,” himbaunya.

Dikatakannya semua tenaga pelayan kesehatan di semua puskesmas harus bersinergi bersama para kader dalam melaksanakan peningkatan pelayanan kesehatan.

“Jadi semua puskesmas harus pro aktif melakukan pelayanan kesehatan. Dan kepada kader Posyandu jika ada menemukan persoalan terhadap anak-anak dan balita untuk cepat melaporkannya kepada Puskesmas guna ditangani secepatnya dan diberikan makanan,” jelasnya.

Selain itu, kader Posyandu untuk senantiasa melakukan konseling kepada para calon ibu, ibu-ibu hamil, dan ibu menyusui. Menurutnya, agar sebuah Posyandu rame dan tidak monoton, perlu dilakukan sebuah inovasi yang bisa membuat daya tarik orang tua dan anak balitanya untuk datang ke Posyandu.

“Misalnya dengan membuat taman bermain, membuat inovasi baru dalam bentuk timbangan. Pokoknya silahkan kader Posyandu berbuat suatu inovasi baru yang bisa membuat anak-anak balita dan ibunya semangat untuk datang ke Posyandu,” tambahnya.

Selain mengatakan ASI itu sangat penting untuk pertumbuhan si bayi, Nani juga menyebutkan tablet tambah darah tidak kalah penting.

“ASI penting sekali, tapi tablet tambah darah juga penting untuk mencegah anemia serta jangan lupa sajikan makanan tambahan yang terbuat dari bahan pangan lokal,” tuturnya.

Foto: Dinkes Mubar Saat melakukan kunjungan di Puskesmas. Foto/Istimewa

Selain itu, Nani menekankan pula mengenai pentingnya asupan sumber protein bagi seorang anak yang sedang dalam masa emas, pertumbuhan.

“Yakni saat berada dalam kandungan hingga berusia dua tahun,” tutupnya.

Reporter: Sacriel

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d