Daerah

Bertepatan di HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pemda Mubar Kembali Menerima Penghargaan Dari BPS RI

×

Bertepatan di HUT Kemerdekaan RI ke-75, Pemda Mubar Kembali Menerima Penghargaan Dari BPS RI

Sebarkan artikel ini
Foto: Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada Saat Menerima Penghargaan Dari BPS RI. Foto/Sacriel

MUNA BARAT-Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia memberikan piagam kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) atas prestasinya dalam pencapaian Response Rate yang melibihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020.

Piagam penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala BPS Muna, Kadir Pua kepada Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada, usai melaksanakan upacara HUT RI ke-75 yang di Lapangan Sepak Bola Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi, Senin (17/08/2020).

Click Here
Foto: Piagam Penghargaan dari BPS RI kepada Pemda Mubar. Foto/Sacriel

Kepala BPS Muna, Kadir Pua menyampaikan bahwa pemberian penghargaan dari BPS RI karena dukungan pemerintah setempat dalam pelaksanaan sensus penduduk online 2020. “Pada sensus penduduk online periode 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020, berhasil disensus 17.234 orang atau 4.046 keluarga, dengan persentase 526 persen dari target 8 persen atau 780 keluarga,”ungkapnya.

“Alhamdulillah SPO 2020 tahap pertama ini, Mubar melampaui target dan menerima penghargaan dari BPS RI. Kami dari pihak BPS juga mengucapkan terima kasih atas dukungan, koordinasi, dan konsolidasi yang telah dilakukan oleh Pemkab Mubar dalam hal ini Bupati Mubar La Ode M Rajiun bersama wakilnya Achmad Lamani dalam sensus penduduk 2020 ini,” ujar,  Kadir Pua,  Senin (17/08/2020).

Kadir Pua menyebut bahwa berdasarkan hitungan yang dilakukan oleh BPS Muna, jumlah kepala keluarga (KK) di Mubar mencapai 22 ribu lebih.

“Ada sekitar 16 ribu lebih kepala keluarga (KK) yang belum melakukan sensus penduduk online. Untuk itu, kami akan melakukan sensus penduduk tahap kedua yang akan dimulai pada awal bulan September 2020 mendatang. Sensus penduduk tahap dua ini dilaksanakan secara offline,” terangnya.

“Jadi nanti, petugas kita akan menyerahkan kuisioner kepada KK yang belum melaksanakan sensus penduduk online tahap pertama yang lalu. Kita harapkan KK yang akan dikunjungi nanti dapat mengisi kuisioner atau pertanyaan yang sama dengan sensus tahap pertama itu,” tambahnya.

Foto: Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada Saat Menerima Baju dari Kepala BPS Muna. Foto/Sacriel

Sementara itu, Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh BPS RI.

Rajiun mengatakan bahwa pada pelaksanaan sensus penduduk online ini, masyarakat Mubar sangat partisipatif dalam menunjang kepentingan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, penghargaan ini sangat luar biasa, apalagi kita (Mubar) melampaui target sampai 526 persen. Ini membuktikan bahwa masyarakat Mubar sangat respon dan partisipatif dalam pelaksanaan sensus penduduk online 2020 ini,” tuturnya.

Reporter : Sacriel

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d