oleh

Untuk Ketiga Kalinya, Kakwarda Melati Erzaldi Panen Program Demontration Plot

PANGKALPINANG – Untuk yang ketiga kalinya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi, melakukan Panen Tanaman hasil Program Demontration Plot (Demplot) di Halaman Kantor Sekretariat Kwarda Babel, Kamis (23/07/2020), sore.

Beraneka sayuran seperti bayam merah, sawi keriting, dan sayur sadur yang merupakan tanaman lokal asli Bangka Belitung, dipanen Kakwarda Babel Melati bersama dengan Anggota TP PKK Babel dan Dekranasda Babel serta Anggota Pramuka Kwarda Babel.

Kakwarda Babel, Melati Erzaldi di sela-sela pemanenan sayur program demplot itu mengatakan bahwa pihaknya hari ini melakukan pemanenan untuk yang ketiga kalinya setelah program Demontration Plot (Demplot) dilakukan oleh Anggota Pramuka Kwarda Babel khususnya di tingkat pramuka siaga dan penggalang.

Kakwarda Melati mengapresiasi dan merasa bangga dengan apa yang telah dilakukan dan semangat yang dimiliki oleh Anggota Pramuka Kwarda Babel ini.

Anggota TP PKK Babel dan Dekranasda Babel yang ikut bergabung menjadi bukti kepeloporan anggota pramuka sebagai contoh dan inspirasi kepada yang lain, khususnya dalam kesiapsiagaan menghadapi krisis pangan yang kemungkinan terjadi akibat pandemi Covid-19.

Program demplot yang dibimbing oleh Dinas Pertanian Babel sangat memberikan ilmu kepada Anggota Pramuka Kwarda Babel tentang cara menanam yang baik dan benar, dari pemberian pupuk organik hingga pengukuran ph tanah.

“Ternyata menanam itu mudah dan menyenangkan,” ungkap Kakwarda Melati. Pihaknya berharap program demplot yang memanfaatkan pekarangan halaman dapat menjadi inspirasi, ditularkan, dan diimplementasikan oleh anggota pramuka atau masyarakat lainnya.

Selain program demplot, Kakawarda Babel juga memiliki program ketahanan pangan lainnya yaitu “Melati tuk Ketapang (Memanfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan)” serta “Smart Eco Garden” di bidang bina usaha.

Di akhir kegiatan Kakwarda Melati Erzaldi juga menyempatkan menanam bibit tanaman di media tanam yang telah dipanen.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua Kwarda Babel, Dinas Pertanian Babel, Dinas UMKM Babel, TP PKK Babel, Dekranasda Babel, dan Anggota Pramuka Kwarda Babel.

Reporter : Budi.

News Feed