oleh

TNUK Gelar Rapat Percepatan Pengelolaan PPKBM Tanjung Lame

PANDEGLANG – Dalam rangka percepatan pengelolaan pemanfaatan pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat (PPKBM) di Tanjung Lame Desa Ujung Jaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) adakan rapat bersama warga Desa Ujung jaya Kecamatan Sumur, yang bertempat di aula Kantor Kecamatan Sumur. Kamis, (23/07/2020).

Pada acara tersebut selain dari pihak Balai TNUK, hadir pula dari Unsur Muspika Kecamatan Sumur, yakni Camat Sumur, A. Suhaerudin, S. STP, Sekmat, Kades Ujung Jaya, Fk Aktivis Ujung kulon, FH Semenanjung Ujung kulon, KAIPKA Ujung kulon, serta dari beberapa Lembaga dan media. Terlihat acara tersebut berjalan lancar.

Dikatakan Didi Mulyadi S.Hut. M, Kasubag Tata Usaha (TU) TNUK, musyawarah kita dengan masyarakat Kecamatan Sumur khususnya desa Ujung jaya tujuan kita sama-sama ingin membangun sebuah keharmonisan dalam rangka mendukung pengelolaan objek wisata sarana dan prasarana yang sudah ada yang sudah dibangun oleh pemerintah.

“Artinya kita harus sepaham dan sepakat serta optimis untuk membangun kelembagaan ini sekuat mungkin, Karena dipastikan sektor wisata kedepan menjadi salah satu destinasi andalan untuk wilayah Kecamatan Sumur khusunya Ujung Jaya,” terang Didi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, konsep pengelolaan kabupaten pandeglang itu adalah wisata, dari mulai antara pantai carita sampai dengan ujung kulon ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata. Disamping itu, masih kata Didi, kita sama-sama belajar memperkuat peran fungsi TNUK yang berdampingan dengan masyarakat,” imbuhnya.

Saat di tanya sejauh mana hasil kesepakatan dari rapat tersebut bersama Kepala Desa dan masyarakat Ujungjaya, Didi mengatakan, “Pihaknya akan tindak lanjuti pembentukan kelembagaan di forum, siapa dan berbuat apanya agar jelas,” jawab Didi Mulyadi.

Sementara itu, Ahmad Arofi, perwakilan dari Aktivis Ujung kulon ikut menanggapi dan ia mengatakan dengan adanya pembentukan forum percepatan pengelolaan pemanfaatan PPKBM tersebut, terbentuk sinkronisasi antara Balai TNUK dengan pihak Pemerintah Kabupaten Pandeglang, tentunya dalam hal ini Kecamatan Sumur Desa Ujung jaya.

Forum harmoni semenanjung ujung kulon, juga dari penggiat konservasi KAIPKA serta para aktivis Ujungkulon menyatukan persepsi untuk kemajuan PPKBM yang ada di tanjung lame Cilintang.

“Dengan kerjasama yang baik dari semua element, maka akan tumbuh sebuah kemajuan yang sesuai apa yang diharapkan oleh pemerintah untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat Ujungkulon,” jelas Arofi.

Arofi berharap kedepannya PPKBM bisa lebih maju dan berkembang, “Semua pengelola bisa saling asah saling asih saling asuh untuk kemajuan bersama,” pungkas Arofi.

Reporter : Doni

News Feed