oleh

Ada Tiga Pilar Sinergitas Terbangunnya Posko Ballak Ewako di Kelurahan Sombalabella

TAKALAR – Balla Ewako merupakan posko konsolidasi, informasi, dan pelayanan bagi masyarakat di masa Pandemi Virus Covid -19 atau Corona di Kelurahan Sombalabella, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar.

Eko Saputra, S.Sos., yang akrab disapa Daeng Muntu, Lurah Sombalabella mengatakan bahwa ada Tiga Pilar dalam pelayanan masyarakat di Kelurahan Sombalabella dan pada Umumnya di Kabupaten Takalar yakni Pemerintah Kelurahan,TNI dan Kepolisian(POLRI)dalam melakukan pembenahan posko untuk dijadikan Balla Ewako di Kelurahan Sombalabella. Rabu, (23/07/2020), kemarin.

Daeng Muntu menambahkan bahwa Tiga Pilar yang dimaksudkan di Kelurahan Sombalabella yakni Bhabinkamtibmas Aipda Ilham, Bhabinsa Sertu Syarifuddin serta Pendamping Lokal Kelurahan Sombalabella Hj. St. Dahlia S.Sos selaku Staf Kelurahan dan warga masyarakat bergabung membenahi posko yang akan dijadikan Balla Ewako Desa.

“Balla Ewako didirikan di Kelurahan untuk melakukan monitoring dan pencatatan terhadap warga baru yang masuk desa. Kemudian, melakukan penyelesaian permasalahan (problem solving), menyiapkan tempat bagi warga terpapar Covid-19 untuk melaksanakan karantina mandiri,” kata Bhabinkamtibmas Ilham.

Selain itu, lanjut dia, Balla Ewako juga untuk menjaga ketahanan pangan, membantu pemerintah desa dalam melaksanakan bakti sosial berupa pembersihan tempat ibadah.

Aipda Ilham menjelaskan, salah satu contoh kegiatan Balla Ewako di mana tim dari Balla Ewako melaksanakan sosialisai protokol kesehatan Covid-19

“Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 di Kelurahan Sombalabella dan Posko Balla Ewako ini yang akan tersebar nantinya di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Takalar ,” ujarnya, Jum’at, (24/07/2020).

Aipda Ilham juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 seperti sering cuci tangan,pake masker dan jaga jarak dalam melakukan aktivitas di rumah maupun di luar rumah demi kesehatan bersama.

Reporter : Suherman, S.Pd.

News Feed