oleh

Tolak RUU HIP, Ribuan Masa Gelar Aksi di Pandeglang

PANDEGLANG – Ribuan masa melakukan aksi unjuk rasa di lapangan Alun-Alun Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang-Banten. Rabu, (15/07/2020).

Aksi yang bertemakan “Deklarasi Bersama Selamatkan Bangsa dari Bahaya Laten Komunis” dilakukan oleh berbagai ormas yang menuntut untuk mencabut RUU Haluan Ideologis Pancasila (HIP) dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Salahsatu orator, Ilma Patwa, Ketua Ikatan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pandeglang, mengatakan dalam orasinya, “Pimpinan pusat Muhammadiyah sendiri sudah mengeluarkan fatwa terkait Pancasila, Muhammadiyah menganggap pancasila Darul ahdi assaadi negara kesepakatan hasil pemikiran para ulama itu yang harus kita jaga sampai sekarang, jadi bila ada pihak-pihak atau golongan yang berniat mengganti Pancasila berarti resikonya berhadapan dengan para Uama,” tandasnya.

Sementara itu, Habib Alhabsi juga mengatakan dalam orasinya, Kita menolak rancangan Undang-undang Haluan Idiologi Pancasila karena ini di gagas oleh pikiran-pikiran kotor yang akan merusak dan meluluhlantakan negeri ini menjadi komunis, karena dalam rancangan di Pasal 7 Ayat 2 disebutkan bahwasannya Pancasila bisa di peras.

“Menurut saya bukan di peras tapi di kriminalisasi akan tetapi pancasila akan dihilangkan dengan mngatasnamakan tri sila dan eka sila ini berbahaya, jika kita bangsa ini haluan idilogi di pindah kepada eka sila apa yang terjadi rangka kehidupan kita akan menjadi zionis liberalis tentunya harapan Indonesia menjadi agamis tidak mungkin kalau eka sila terwujud karena eka sila itu gotong royong ( kerja keras untuk bersama ) segala macam untuk bersama dan menapikan norma ketuhanan yang maha esa, yang menjadi kausaprima penyebab segala yang ada mau di hilangkan ini Nauzubillahi Mindzalik, jika tanggal 16 DPR RI menggodok sampai tanggal 20 lalu Rancangan UU Haluan Idiologi yang ter Pancasila termaktub di dalamnya faham komunis di sahkan kita mau berbuat apa kita semua? Jamaah aksi nyatakan perang,” tegas Habib Alhabsi.

Pantauan, Kepolisian Polres Pandeglang Polda banten pun terpantau banyak hadir terjun ke lokasi guna memantau jalanya unjuk rasa. Masa aksi sudah mulai ramai sejak pukul 13.00 WIB dan Sekitar pukul 15.32 pengunjukrasa membubarkan diri dengan tertib dan aman terkendali.

Reporter : Ade M

News Feed