Bawaslu Takalar Bahas Perlindungan Anak Saat Berhadapan Hukum dalam Pemilu

TAKALAR, SEKILASINDO.ID — Diskusi Perempuan dan Pemilu yang digelar oleh Perempuan Bawaslu Se Sulawesi Selatan, kali ini mengangkat tema Anak Berhadapan dengan Hukum dalam Pemilu/Pilkada.

Kegiatan Diskusi Daring ini berlangsung pada Rabu, 20/05/2020 pukul 13.00 – 15.00 Wita, melalui Via Aplikasi Zoom Cloud Meeting, yang diikuti oleh kurang lebih 90 orang peserta, dengan menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten.

Adapun Narasumber dalam Diskusi kali ini adalah :
* Ai Maryati Sholihah, M.Si (Komisioner KPAI) yang membahas terkait Psikologi Anak dan Bagaimana ketika Anak berhadapan dengan hukum).
* Titi Anggraini, S.H., M.H (Direktur Perludem) yang membahas terkait Posisi Anak dalam Konteatasi Demokrasi.
* Azry Yusuf, S.H., M.H (Kordiv Penindakan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan) yang membahas terkait penanganan pelanggaran dalam Pemilu dan Pilkada ketika anak menjadi pelaku.

Nellyati, S.Hum Pimpinan Bawaslu Kabupaten Takalar yang mengikuti kegiatan diskusi tersebut begitu antusias dan mengapresiasi jalannya kegiatan tersebut karena isu anak dalam politik sangat sentral dan patut untuk dibahas.

“kedepannya kami berharap Bawaslu lebih responsif terhadap perlindungan anak dengan memberikan kepastian hukum terhadap perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum pada pelaksanaan pemilu dan pilkada.” Ungkap Nellyati.

Diakhir diskusi disampaikan bahwa dibutuhkan adanya pengaturan hukum terkait perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum dalam Pemilu/Pilkada, sehingga ini menjadi bahan untuk Bawaslu kedepannya, guna memberikan kepastian hukum terhadap anak dalam pemilu/pilkada.