Opini

Situasi Ketenagakerjaan di Selayar Saat Pandemi Covid-19

×

Situasi Ketenagakerjaan di Selayar Saat Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini
Penulis : Emmy Hasmiati

OPINI -Tahun 2019 tecatat bahwa kinerja ekonomi Kab. Selayar, SulSel mengalami peningkatan dibandingkan yang sekarang (2020). Meningkatnya konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah mendorong pertumbuhan milyaran rupiah .

Hal ini didorong oleh peningkatan permintaan dengan masuknya bulan Ramadahan dan Idul Fitri serta penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, pendapatan masyarakat terkhusunya daerah pesisir pantai di kepulauan Selayar itu sangat menurun akibat dampak virus corona (COVID19).

Click Here

Selain itu, peningkatan penerima dana bantuan sosial (PKH) tahun 2020 juga turut mendorong pendapatan masyarakat. Namun di sisi lain, pertumbuhan yang lebih tinggi tertahan oleh faktor eksternal yaitu melambatnya pertumbuhan beberapa mitra dagang utama selayar seperti Makassar dan China yang tentunya sangat berdampak karena menahan kinerja ekspor dari Selayar kedaerah  yang terjangkit Covid-19. Lalu bagaiamanakah kebijakan pemerintah Selayar kedepannya ?

Kemudian disusul angka pengangguran 2020 tercatat berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun sebesar 0,12%, Tercatat ada 1.000 Buruh atau pekerja di perusahaan skala kecil hingga besar harus dirumahkan dan tidak sedikit diberhentikan (pemutusan hubungan kerja). Hal ini tidak terlepas dari pengaruh ekonomi yang menurun dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Kesulitan utama adalah bahan baku. Daerah yang diandalkan untuk mengimpor bahan baku melakukan kebijakan lockdown atau PSBB.

Faktor lain, pihak perusahaan dan pihak nelayan bergantung pada konsumen yang mayoritas berada di luar daerah yang menyatakan lockdown. Lalu kemudian apakah ada kebijakan pemerintah terkhusunya Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menanggulangi bencana yang memakan semua sisi kehidupan masyarakat ini terutama prihal ketenagakerjaan.

Matinya Pendapatan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19

Jumlah pasien yang diisolasikan dirumah sakit umum selayar terus bertambah dengan total kasus mencapai 68 orang penumpang pesawat wings air. Penambahan kasus Corona cenderung stabil. Adapun kasus tersebut sudah tersebar kurang lebih di 32 provinsi.

Namun di Selayar, Pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) mengalami peningkatan dari hari sebelumnya. Berdasarkan situs UPEKS.co.id ada 2 warga Kabupaten Kepulauan Selayar yang dinyatakan positif corona. Masing-masing NH (52) dan AZA (59), senin (4/5/2020) dirujuk ke Makassar.

Dalam keterangan kedua pasien tersebut kondisinya baik dan tanpa gejala. Ia mengatakan dirujuk karena mengikuti program karantina terpusat Provinsi Sulawesi Selatan. Namun angkah tersebut tidak menuntut kemungkinan akan terus bertambah. Sebelumnya pemerintah sudah menerapkan sosial distancing sampai kepada psychical dictance untuk menghadang laju penyebaran virus corona.

Diterapkan social distancing dalam pencegahan covid-19 ini akan berdampak signifikan terhadap Nelayan. Tentunya masyarakat diharuskan untuk tetap berada di dalam rumah, hingga diberlakukannya bekerja dirumah. Pengurangan aktivitas dijalan dan berkurangnya aktivitas di luar tentu akan menyulitkan perekonomian mereka, karena salah satu masyarakat yang merasakan betul dampak dari penyebaran virus corona.

Lalu masih banyak masyarakat nelayan yang nekat berjualan hasil tangkapan mereka di pasar karena yang mereka pikirkan itu adalah bagaimana cara menafkahi keluarganya meskipun terkendala dengan situasi yang sangat membahayakan.

Kemudian apakah tidak ada ketakutan dari para nelayan ketika bersentuhan dengan konsumen yang tidak diketahui apakah terjangkit virus corona atau tidak. Akan tetapi, mereka tetap melakukan interaksi antar konsumen meskipun dalam situasi berbahaya karena baginya, menghidupi keluarga itu jauh lebih baik dibanding di rumah tanpa melakukan aktivitas.

Penulis : Emmy Hasmiati (Mahasiswa PMH, UIN Alauddin)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d