oleh

PLN ULP Rangkasbitung Berikan Diskon dan Gratis Pembayaran Listrik, Ini Penjelasannya !

LEBAK – Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiapkan mekanisme atau cara terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 VA dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubsidi.

Cara yang diterapkan PT. PLN untuk mendapatkan program itu dalam rangka mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik ditengah wabah virus COVID-19.

Isma, Manajer Unit Pelayanan (ULP) PLN Rangkasbitung, kepada awak media, Selasa (12/04/2020), mengatakan,

“Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pembayaran akan langsung di bebankan tagihannya pada bulan April Mei dan Juni (3 bulan) sementara untuk pelanggan para prabayar dapat mempermudah nya dengan mengirimkan Nomor ini pelanggan ke Whatshapp dengan Nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan tersebut. Sementara dalam tarif untuk langganan 900 VA bagi pelanggan prabayar rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%,” jelasnya.

Masih kata Isma, Bagi pelanggan prabayar menurut lama, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan itu, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir, pemberian keringanan tagihan bulanan ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah dan PLN dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Dan untuk pelangganan listrik rumah tangga 900 VA R1M persetujuannya nominal seperti biasa tidak mendapatkan diskon,” tandasnya.

Sementara itu, PLN ULP Rangkasbitung, Bayu, menambahkan cara pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga biaya 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi pelanggan bisa membuka situs www.pln.co.id kemudian masuk ke semua pelanggan dan langsung menuju ke pilihan menemukan COVID-19.

“Kemudian, menemukan ID pelanggan Nomor Meter. Kemudian token corona akan di tampilkan di layar pelanggan tinggal memasukkan token corona tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan,” terang Bayu.

Selain itu, lanjut Bayu, pelanggan bisa mengakses melalui Whatsapp ke Nomor 08122-123-123 ikuti petunjuk, salah satunya memasukan ID pelanggan kemudian token gratis akan muncul pelanggam tinggal memasukan token corona tersebut ke meteran sesuai dengan ID pelanggan.

“Dengan ini pelanggan tersebut akan mendapatkan senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan,” pungkasnya.

 

Reporter : UI