Daerah

Tingkatkan Kapasitas Relawan, ARM DPD Banten Ikuti Pelatihan Jurnalistik Kebencanaan

×

Tingkatkan Kapasitas Relawan, ARM DPD Banten Ikuti Pelatihan Jurnalistik Kebencanaan

Sebarkan artikel ini

 

BOGOR – Dalam rangka meningkatkan peran serta dalam kebencanaan, Aksi Relawan Mandiri (ARM) pelatihan jurnalistik kebencanaan yang berlokasi di ARM Commander Gedung Alumni IPB, Jawa Barat, pada Sabtu, (14/03/2020), Kemarin.

Click Here

Kegiatan itu diadakan oleh DPP ARM dalam rangka meningkatkan peran serta ARM dalam kebencanaan.

Dikatakan Emy Mupid, selaku Ketua 2 ARM, Emi kegiatan ini dilakukan agar para relawan bisa menulis kegiatan kegiatan yang di laksanakan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas relawan ARM, salah satunya harus bisa menulis kegiatan ARM di lapangan dalam rangka meyakinkan publik,” terang Emy Mupid.

Dijelaskan Emy Mupid, Kegiatan terbagi tiga termin sesuai tema.

Pertama pentingnya menulis tentang kebencanaan yang diisi oleh Bapak Nurbowo sebagai wartawan senior dan kontributor di beberapa koran. Selain itu beliau adalah ketua ARM pusat.

“Menurut beliau menulis untuk kebencanaan tidak ada bedanya dengan menulis biasa. Sedikit perbedaan adalah pada tujuan dari yang kita tulis. Minimal tulisan kita bisa membuat orang mau bertindak. Itu sudah cukup,” katanya.

Tema kedua diisi oleh pak Hannibal. Sebagai ketua bidang Marketing dan komunikasi ARM beliau menjelaskan bagaimana tulisan bisa membuat pembacanya terbawa dan merasakan suasana sebenarnya. Menulis itu berarti membawa orang kepada situasi yang dia sendiri tidak perlu datang ke tempat tersebut tetapi sudah merasakan apa yang terjadi sebenarnya.

“Lihat satu sudut kemudian buat narasi yang detail dan biarkan pembaca menyimpulkan sendiri. Begitu pak Hann yang juga seorang wartawan senior di Kompas,” ungkapnya.

Sesi ketiga tidak kalah serunya. Sesi ini dipandu oleh wartawan fotografer kebencanaan di red cross internasional.

“Bang Husein panggilannya. Beliau menjelaskan bagaimana foto bisa berbicara lebih nyata dibandingkan media lainnya. Foto yang diambil dengan sudut yang sesuai kebutuhan dan diberikan narasi singkat akan membuat pembaca terbawa emosinya dan pasti bertindak,” tutur Emy Mupid, saat menceritakan kegiatan pelatihan tersebut.

Foto: Deri Permana Hadiawan (Dherie), Ketua Aksi Relawan Mandiri (ARM) DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Banten.

Sementara itu, Deri Permana Hadiawan, Ketua DPD ARM Banten, memberikan suport full kepada tim ARM Banten dengan mengirimkan Sekjen dan Wasekjen ARM untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut pria yang kerap disapa Dherie, kegiatan ini sangat penting karena kedepan kebencanaan perlu ditopang dengan pemberitaan yang benar dan seimbang serta tidak melanggara kaidah-kaidah undang.

“Oleh karena itu DPD ARM Banten mengirimkan Kang Hadi sebagai Sekjen dan Hadim sebagai Wasekjen ARM DPD Banten dalam rangka meningkatkan kapasitas relawan ARM Banten khususnya dibidang jurnalistik kebencanaan,” jelas Dherie, Ketua Aksi Relawan Mandiri (ARM) DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Banten.

Reporter: Usep

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d