Sport

Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi, Dispora Lebak Gelar Penataran Pelatih dan Wasit

×

Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi, Dispora Lebak Gelar Penataran Pelatih dan Wasit

Sebarkan artikel ini

 

LEBAK – Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak Melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) setempat menyelenggarakan kegiatan Penataran Pelatih dan Wasit yang dilaksanakan dari Tanggal 9 – 12 Maret 2020, bertempat di Hotel Jayakarta Anyer, Serang.

Click Here

Dalam Sambutannya Kepala Dispora Lebak, Asep Komar Hidayat Berharap
Setelah diadakannya kegiatan ini kualitas pelatih dan wasit di Kabupaten Lebak dapat meningkat dan kompeten, terutama untuk pelatih diharapkan mampu membina. Sehingga dapat menciptakan atlet-atlet Kabupaten Lebak yang berkualitas,
bisa bersaing dan mengungguli darah Lainnya.

“Setelah Selesai Kegiatan Ini Para Pelatih dan wasit akan kami berikan Sertifikat Lisensi Nasional dari masing-masing cabang olahraga,” kata Asep Komar, kepada Banten Ekspres, Selasa (10/3).

Menurutnya, pembangunan di bidang olahraga tentunya tidak hanya fokus pada satu aspek saja yakni menciptakan atlet-atlet berprestasi asli daerah, tetapi Atlet yang berprestasi tentunya akan lahir dari tangan-tangan berkualitas yang melatihnya hingga mampu berprestasi. Artinya Pelatih mempunyai peranan yang sangat penting dalam suksesnya sebuah pertandingan yang dihadapi Atletnya.

“Demi mencapai tujuan menjadikan Kabupaten Lebak sebagai Kota Atlet yang memiliki basis Atlet berkualitas, Kita juga harus menjadi basis pelatih yang berkualitas pula. Artinya Sinergi antara Atlet dan Pelatih inilah yang harus dibangun, jangan hanya mengharapkan atlet yang berprestasi saja namun juga pelatih yang mampu dan mumpuni membimbing serta membina Atletnya tersebut agar menjadi bintang lapangan,” ungkap Asep.

Lanjut Asep, kegiatan ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program unggulan Kemenpora dalam rangka menaikkan level Lisensinya.

“Begitu juga dengan kedudukan wasit yang mengatur jalanya pertandingan, kita memang memerlukan wasit yang tegas dan paham akan posisinya sebagai penentu pertandingan dan mengawal pertandingan agar tetap pada Rulenya. Artinya Lebak juga harus mampu menjadi daerah yang memiliki basis wasit yang handal, sportif dan mampu bertindak adil saat pertandingan berlangsung,” jelasnya.

Asep meminta, agar para Pelatih dan Wasit yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan ini dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan bersungguh-sungguh. Sebab ditangan Pelatih dan Wasit akan lahir pondasi besar bagi masa depan olahraga di Lebak.

“Prestasi dan kemampuan atlit dapat meningkat jika memiliki pembimbing atau pelatih yang handal,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdis Dispora Lebak, Hadi menambahkan, kegiatan Ini diikuti sekitar 100 peserta terdiri dari 30 pelatih Futsal, 20 pelatih Softball, 30 Wasit Sepakbola dan 20 Wasit Atletik.

“Untuk Narasumber dalam kegiatan Ini, kita undang Instruktur Nasional Yang Sangat Kompeten dibidangnya,” ucap Hadi.

Reporter: Ujang Iskandar/Rilis

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d