DaerahPendidikan

Cegah paham radikalisme, Kesbangpol Buteng Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMAN 1 Mawasangka

×

Cegah paham radikalisme, Kesbangpol Buteng Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMAN 1 Mawasangka

Sebarkan artikel ini

BUTON TENGAH, SEKILASINDO.COM-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan yang bertempat di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mawasangka, Rabu (11/12/2019).

Dalam sambutannya, Sekretaris Badan Kesbangpol Buteng, Drs. Sanifi, M.Pub mengatakan sosialisasi 4 (empat) pilar kebangsaan merupakan modal utama menjaga keutuhan Bangsa Indonesia, khususnya dalam menangkal aksi tindakan anarkisme, terorisme dan paham radikalisme yang akhir akhir ini terjadi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Click Here

Sanifi menuturkan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UU 1945, Bhinekka Tunggal Ika dan NKRI, harus dimiliki seluruh komponen bangsa, utamanya bagi anak anak muda sebagai estafet bangsa.

“Untuk memerangi terorisme serta menangkal paham radikalisme perlu ada langkah pencegahan dini sebagai bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air,” Kata Sanifi saat membuka acara sosialisas.

Menurut Sanifi, sosialisasi ini di latarbelakangi oleh beberapa kondisi yang diakibatkan pergeseran atau perubahan yang signifikan dari cara pandang hidup warga negara.

“Hubungan atau keakraban sesama warga sudah tidak harmonis. heterogenitas sudah tidak mampu jadi perekat sehingga menimbulkan gejolak atau konflik sosial,” tambahnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, sosialisasi diharapkan mampu memperkuat dan memperdalam pemahaman sebagai bangsa, bahwa betapa pentingnya nilai-nilai mendasar 4 (empat) pilar tersebut, sehingga harus lebih dipahami dan diimplementasikan secara baik dan benar dalam kehidupan berbangsa, bernegara.

“Kalau sudah diamalkan, maka akan terbentuk karakter dan kepribadian yang luhur serta memiliki kekuatan dan wawasan kebangsaan yang utuh. Olehnya itu penanaman nilai nilai pancasila di tanamkan sedini mungkin,”pungkasnya

Reporter : Arwin Al-Butuny

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d