DaerahPendidikan

KPAD Babel Ajak Pemprov Tingkatkan Pengawasan Anak di Kawasan Tambang

×

KPAD Babel Ajak Pemprov Tingkatkan Pengawasan Anak di Kawasan Tambang

Sebarkan artikel ini
Foto. Anak-anak sedang bermain di kawasan tambang.

BANGKA BELITUNG, SEKILASINDO.COM – Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) akan mengajak stakeholder jajaran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak khususnya yang terlibat langsung dan tidak langsung dalam kawasan tambang.

Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terutama di kawasan pertambangan.

Click Here

Sementara itu, Ketua KPAD Babel, Sapta Qodria Muafi, SH, menerima laporan terkait tim survey pengawasan beberapa tempat yang langsung berkomunikasi dan langsung meninjau tempat yang mana ada anak yang terlibat di dalamnya.

“Kami terus menerus mengambil sample ke beberapa titik di kabupaten kota yang rencananya akan dilakukan di seluruh Bangka Belitung,” ucapnya.

Selain itu KPAD juga akan membentuk SPAT (Satgas Perlindungan Anak Tambang) yang mana satgas ini akan bekerjasama dengan Kepala Daerah serta melibatkan aparat penegak hukum dan Perda yaitu Kepolisian Daerah  Bangka Belitung dan Polisi Pamong Praja kemudian juga melibatkan intansi yang berkerja langsung di dunia pertambangan seperti PT. TIMAH, Tbk dan lain-lain.

Sapta menerangkan bahwa pekerjaan pengawasan ini tidak dapat dilakukakan KPAD sendiri tetapi harus membentuk program kerja yang didukung oleh pihak-pihak pemerintah baik pemerintahan daerah maupun vertikal.

“Ditambah lagi pihak-pihak lain yang mendukung program ini, agar terlaksana pengawasan yang stabil untuk memperjuangkan hak-hak dasar anak terutama pendidikan, kesehatan dan tumbuh kembang anak,” tegas Sapta.

(Budi. M)

 

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d