Advertorial

Sistem Vedika Hadir untuk  Mempercepat Proses Administrasi Klaim RS Bagi Mitra BPJS Kesehatan

×

Sistem Vedika Hadir untuk  Mempercepat Proses Administrasi Klaim RS Bagi Mitra BPJS Kesehatan

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG,  SEKILASINDO. COM-Kehadiran sistem Verifikasi Digital Klaim (Vedika) dinilai merupakan jawaban atas percepatan proses administrasi klaim rumah sakit yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat Yudi Widiansyah di sela-sela FGD Peningkatan Kualitas Administrasi Klaim yang dilaksanakan BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Senin (14/01).

Click Here

Ia mengatakan, dirinya menyambut baik implementasi Vedika yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas administrasi klaim di rumah sakit. Menurutnya, dengan kehadiran Vedika, proses administrasi klaim menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat.

Vedika merupakan proses verifikasi terhadap klaim yang diajukan rumah sakit menggunakan aplikasi digital yang dilakukan di kantor cabang/kantor kabupaten dan kota BPJS Kesehatan.

“Dengan Vedika, tidak perlu lagi aplikasi lokal untuk eligibilitas peserta di rumah sakit, karena semua rumah sakit sudah menggunakan aplikasi V-Claim online secara terpusat. Dengan begitu, akurasi data pelayanan dan kepuasan peserta pun turut meningkat,” kata Yudi.

Yudi menambahkan pihaknya siap untuk berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan dalam optimalisasi kualitas administrasi klaim di rumah sakit. Ia pun mengapresiasi keberadaan vedika yang telah membuat rumah sakit lebih mudah melakukan pembayaran klaim dengan mengajukan berkas-berkas digital, sehingga arsipnya pun lebih rapi ketimbang klaim konvensiolan yang lebih rawan tercecer.

“Bagi kami Rumah Sakit Sejiran Setason, kepuasan peserta selalu menjadi fokus utama. Untuk itu, kami berupaya untuk melakukan penyempurnaan di berbagai aspek yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta JKN-KIS, sesuai dengan standar maupun prosedur yang ditetapkan,” tambahnya.

Ia pun berharap ke depannya BPJS Kesehatan dapat mengembangkan aplikasi lain guna memudahkan urusan administrasi di rumah sakit, baik bagi fasilitas kesehatan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan maupun peserta JKN-KIS itu sendiri.

“Semoga BPJS Kesehatan bisa mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru, apalagi di saat ini semua layanan mulai bisa diakses dalam genggaman tangan. Kami dari pihak rumah sakit siap mendukung implementasi Program JKN-KIS agar bisa berjalan lancar,” ungkapnya.

(Sumber humas BPJS/Budi)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d