Uncategorized

Nani: Pelayanan Kesehatan Masyarakat dari Desa Sampai Kecamatan Itu Penting

×

Nani: Pelayanan Kesehatan Masyarakat dari Desa Sampai Kecamatan Itu Penting

Sebarkan artikel ini
Foto : Kabid Kesmas Dinkes Mubar, Nani Suarny. Foto/Sacriel

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus memberikan pelayanan yang terbaik di bidang kesehatan untuk masyarakat. Sesuai dengan visi Kementrian Kesehatan, yaitu “Mari Hidup Sehat”, untuk itu pelayanan kesehatan di Mubar terus dilakukan hingga tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan. Beberapa pelayanan diberikan kepada masyarakat melalui lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan itu sendiri, seperti PKK dan Puskesmas.

“Kesehatan itu sangat penting, untuk itu Dinkes terus melakukan pelayanan kesehatan untuk masyarakat dari Desa, Kelurahan hingga Kecamatan,” ujar, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Mubar, Nani Suarny, Selasa (19/11/2019).

Click Here

Nani menyebut, Tim Penggerak PKK Mubar dalam menjalankan tugasnya mengusung visi “Terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju-mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. “Dari 10 program pokok PKK yang dijadikan pedoman untuk menjalankan tugas utamanya, satu di antaranya bergerak di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Sambungnya, program kesehatan yang diprioritaskan Tim Penggerak PKK Mubar adalah kesehatan ibu dan anak, pasangan usia subur, ibu hamil dan ibu menyusui. “Untuk mengoptimalkan program ini, maka dibentuk Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) dengan kader POSYANDU terlatih. Lima pelayanan dasar di POSYANDU di antaranya adalah imunisasi, gizi, Keluarga Berencana (KB), Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), dan penanggulangan diare. Penyuluhan tentang kesehatan, gizi, dan Keluarga Berencana diadakan di POSYANDU, bahkan diadakan pula pemberian makanan tambahan serta demonstrasi tentang makanan bergizi,” jelasnya.

Selain Tim Penggerak PKK, pelayanan masyarakat di bidang kesehatan juga dilakukan oleh Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat). “Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, terjangkau oleh masyarakat, namun tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan,” tuturnya.

Perlu diketahui kata Nani, dalam menjalankan tugasnya, Puskesmas melakukan dan melaksanakan program tercapainya lingkungan dan masyarakat yang sehat menuju Indonesia Sehat, dengan empat indikator yaitu lingkungan sehat, perilaku sehat, cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan derajat kesehatan penduduk kecamatan. “Fungsi utama dari kesehatan adalah sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka kemampuan untuk hidup sehat, dan memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan masyarakat di wilayah kerjanya,” tutupnya.

(Sacriel/SI)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d