oleh

Kelurahan Mangadu Gelar Musrenbang

­TAKALAR, SEKILASINDO.COM – Kelurahan Mangadu, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Pada Senin, (18/11/2019).

Dalam sambutannya, Muhammad Arif SE, Sekertaris Camat Kecamatan Mangarabombang, mengatakan bahwa Musrenbang Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) kelurahan untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya.

Menurutnya, pengertian dari Musrenbang Kelurahan adalah suatu forum dialogis antara pemerintah dengan pemangku kepentingan dari suatu isu/persoalan, kebijakan, peraturan, atau program  pembangunan yang sedang dibicarakan. Dalam musrenbang kelurahan, pemerintah kelurahan dan warga berembug dalam menyusun program tahunan di kelurahan.

“Musrenbang Kelurahan menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan pembangunan di wilayah kelurahan, baik yang ditangani secara swadaya, melalui pos bantuan daerah, menjadi bagian Renja SKPD Kelurahan, maupun diajukan untuk ditangani oleh SKPD lain yang relevan dengan usulan yang ada,” papar Arif.

Sementara itu, Muhammad Anwar, SH., Lurah Mangadu, mengajak kepada seluruh pihak untuk mengeluarkan aspirasi dan semua usulan yang sifatnya umum.

“Agar apa yang telah menjadi kesepakatan dan perioritas bersama,maka itulah yang menjadi usulan kelurahan Mangadu,” ujar Muhammad Anwar.

Dikatakan pula, Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek.

“Saya selaku Lurah akan selalu siap bekerja demi tuk demi kepentingan Umum.segala usulan dalam Kegiatan ini,itulah yg kami usulkan di Kecamatan dan Kabupaten,dengan hal ini dinas yg terkait,” pungkasnya.

Diketahui, beberapa usulan dari peserta Musrembang antara lain, perbaikan anggaran PKK, Poskamling, kebutuhan pembangunan baru yayasan, irigasi, perbaikan infrastruktur penerangan, perawatan dan pembangunan tribun Lapangan Mangadu, dan lain lain.

Pantauan wartawan, kegiatan tersebut di hadiri oleh Lurah, Ketua dan para anggota LPM, Sekretaris Kecamatan, Kepala SMPN 1 Marbo, perwakilan dari Puskesmas, Staff Kelurahan, dan Kepala lingkungan dan Tokoh masyarakat.

Reporter : Suherman

News Feed