Daerah

Wabup Gowa Lepas Kontingen Saka Kalpataru

×

Wabup Gowa Lepas Kontingen Saka Kalpataru

Sebarkan artikel ini

GOWA, SEKILASINDO.COM- Kontingen Saka Kalparatu dan Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kabupaten Gowa, diharapkan menjadi pioner dan teladan yang menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan hingga kegenerasi berikutnya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni saat melepas kontingen Saka Kalpataru yang akan mengikuti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) I tahun 2019, di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Kamis (14/11).

Click Here

“Sikap dan mentalitas yang ada dalam diri pramuka dapat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna terwujudnya pembangunan yang berkualitas secara ekologis, sosial dan ekonomi,” ujarnya.

Kegiatan Pertikawan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kecakapan dalam menciptakan keselarasan gerak dan langkah dalam konteks lingkungan hidup dan kehutanan.

Menurutnya, ini adalah wahana pengaplikasian keterampilan dan peningkatan kecakapan bagi anggota satuan karya pramuka Kalpataru dan Wanabakti yang tercermin pada pokok pokok tujuan yakni, meningkatnya pengetahuan dan pemahaman pramuka Penegak dan Pandega di bidang isu isu generasi milenial, berkembangnya sikap dan karakter positif, juga empati serta apresiasi terhadap masalah dan memberikan solusi dan jalan keluar terhadap isu isu generasi milenial.

“Olehnya itu, seluruh peserta diharapkan mampu mengikuti seluruh rangkaian Pertikawan dengan baik,” kata Rauf.

Ia juga berpesan tiga hal kepada para peserta Pertikawan, pertama selalu bersemangat dalam mengikuti semua rangkaian Pertikawan, kedua, jaga kesehatan dan ketiga, berkawanlah sebanyak-banyaknya dengan peserta Pertikawan dari ranting dan cabang seluruh nusantara.

Terpisah, Ketua Saka Kalpataru Kabupaten Gowa, Marzuki menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 18 November hingga 25 November 2019 mendatang yang akan berlangsung di Bumi perkemahan Graha Wisata, Cibubur Jakarta Timur.

“Penyelenggaraan Pertikawan Nasional I 2019 ini, terdiri dari dua kegiatan tahunan, yaitu perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru yang ke-I dan perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Wanabakti yang ke-V yang sepenuhnya dikoordinir oleh kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pimpinan Saguan Karya Kalpataru dan Wanabakti Tingkat Nasional,” tuturnya.

(Shanty)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d