HuKrim

Cegah Diabetes, Biddokkes Polda Sulsel Lakukan Ini ke Personil di Enrekang

×

Cegah Diabetes, Biddokkes Polda Sulsel Lakukan Ini ke Personil di Enrekang

Sebarkan artikel ini

ENREKANG, SEKILASINDO.COM – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulsel yang dipimpin langsung oleh Kaur Yankes Subbidkespol Pembina, dr. Rahmudiar Septianti Madjid, menggelar penyuluhan kesehatan terhadap Personil Polri jajaran Polda Sulsel di Aula Wirapratama Mapolres Enrekang, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan dibuka Wakapolres Enrekang, Kompol Azis Taba. Serta dihadiri Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasubbag, KBO, Kanit dan Perwira serta Bintara Jajaran Polres Enrekang.

Click Here

Adapun materi yang disampaikan, dr Rahmudiar, yakni penyebab dan pencegahan penyakit diabetes.

Dalam kesempatannya, dia menyampaikan diabetes melitus adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah (hyperglikimia) yang berhubungan dengan kematian di usia muda.

Dirinya juga menjelaskan bahwa gejala diabetes diantara lain, tenggorokan kering sering merasa haus dan lapar, sering kencing, mudah terkena infeksi, luka sulit sembuh, sering kesemutan terutama di kaki, cepat lelah, sering timbul bisul, penglihatan kabur, infeksi jamur dan gatal terutama di sekitar kemaluan, ibu hamil melahirkan bayi di atas 4 kilogram dan disfungsi ereksi (impoten).

“Untuk Cara mengetahui penyakit tersebut adalah jika kadar normal gula darah saat puasa kurang 110 mg/dl, dan jika gula darah 2 jam setelah makan kurang 140 mg/dl, itu masuk dalam kadar gula darah diabetes,” terangnya.

Ditambahkannya, jika gula darah sewaktu lebih 200 mg persen, maka penanganan diabetes melitusnya melalui suntik insulin dan obat-obatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres juga mengatakan, bahwa Anggota Polri/PNS Polri yang terdaftar di Faskes Polri diberikan keistimewaan oleh BPJS apabila ingin berobat bisa langsung dirujuk dari Klinik Polres ke RS Bhayangkara Makassar tanpa melalui rujukan berjenjang.

Dari hasil pantauan, kegiatan berlangsung aman, tertib dan lancar.

(Amrianto)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d