Daerah

PKSAI Gowa Menjadi Model Percontohan Nasional dan Akan Menjadi Lokus Utama Studi Banding

×

PKSAI Gowa Menjadi Model Percontohan Nasional dan Akan Menjadi Lokus Utama Studi Banding

Sebarkan artikel ini

GOWA, SEKILASINDO.COM – Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) Kabupaten Gowa menjadi model percontohan nasional dan akan menjadi lokus utama studi banding bagi 111 PKSAI yang tersebar pada Kabupaten/Kota se-Indonesia.Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Firdaus, Kamis (12/9/2019)

Ia mengatakan, baru-baru ini tim monitoring dan evaluasi dari pusat yaitu Bina Bangda, Kementerian Sosial, dan UNICEF melakukan kunjungan di Kabupaten Gowa untuk mengadopsi data layanan PKSAI yang tersebar di beberapa SKPD.

Click Here

“Hasil monev tim dari pusat kemarin mengatakan PKSAI Gowa ini terbaik nasional sehingga akan menjadi lokus studing bahkan akan direplikasikan oleh 111 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Jadi rombongan datang untuk melihat sekaligus mengadopsi data kita pada SKPD yang terintegrasi dengan PKSAI kita,” katanya.

Dikatakan Firdaus hal utama yang menjadikan PKSAI Gowa menjadi percontohan nasional adalah pelayanan anak yang terintegrasi dengan beberapa SKPD mulai dari Bappeda, Dinas Capil, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, RSUD Syekh Yusuf, Dinsos, Dinas PMD, Dinas Pendidikan dan SKPD lainnya, sehingga jika ada masalah terhadap anak penanganan cepat terlaksana.

“Yang membuat PKSAI kita berbeda dengan kabupaten/kota lainnya karena kita memiliki pelayanan yang terintegrasi betul dengan SKPD terkait, dan ditandatangani oleh Bupati langsung agar tidak ada tumpang tindih, sehingga penanganan cepat tuntas. Misalnya jika ada laporan anak tidak memiliki akte kelahiran, kita langsung koordinasikan dengan Capil dan itu ada jalur khusus untuk PKSAI agar segera ditindaklanjuti, sama halnya dengan anak yang sakit dan ingin rujukan kami langsung kordinasikan ke RSUD, begitupun pelayanan lainnya yang menyangkut anak usia 0 -18 tahun,” jelasnya.

Tak sampai disitu, pihaknya mengaku usai memberikan penanganan kepada anak, PKSAI Gowa turun langsung mengawasi betul sampai benar-benar tuntas, seperti anak sakit yang dirujuk kita awasi betul sampai tiba di rumahnya.

Selain itu, Firdaus membeberkan jika mendapatkan laporan adanya anak terlantar, pihaknya telah bekerjasama dengan 28 panti asuhan terakreditasi di Gowa, sehingga bisa langsung ditempatkan pada salah satu panti asuhan tersebut.

“Semua itu berkat komunikasi dan koordinasi yang lancar sehingga PKSAI Gowa menjadi percontohan nasional dan direplikasikan pada ratusan kabupaten se-Indonesia. Semoga ini tidak membuat kita berpuas diri tetapi menjadikan motivasi untuk terus memenuhi hak anak khususnya di Kabupaten Gowa ini,” harap Firdaus.

Sekadar diketahui PKSAI merupakan upaya yang terararah, terpadu, komprehensif dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah daerah dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi dan melindungi hak anak pada usia 0-18 tahun dengan jenis pelayanan meliputi anak rentan, korban kekerasan, anak terlantar, disabilitas, penyakit kronis, anak jalanan, dan putus sekolah.

Saat ini jumlah anak di Gowa pertahun 2017 sebanyak 112.905 anak, dan PKSAI telah melayani 1387 anak sejak terbentuknya pada November 2016 lalu.

(Shanty)

 

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d