Daerah

Bamus DPRD Babel  Bahas Sejumlah Masalah di Dinkes

×

Bamus DPRD Babel  Bahas Sejumlah Masalah di Dinkes

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG, SEKILASINDO. COM-Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Babel  membahas sejumlah masalah dengan pihak eksekutif termasuk solusi dari eksekutif terhadap naiknya tarif BPJS Kesehatan per-September 2019, jum’at (30/08)

Ketua DPRD Babel, Didit Sri Gusjaya, menanyakan bagaimana tindakan dari Dinas Kesehatan untuk meminimalisir permasalahan yang timbul di masyarakat atas kenaikan tarif ini.

Click Here

“Kami berkeinginan dari DPRD untuk membantu masyarakat yang tidak mampu terkait kenaikan tarif BPJS Kesehatan ini. Untuk itu kiranya dari Dinas Kesehatan dapat memberikan format yang tepat untuk meminimalisir permasalahan ini dalam masyarakat.” ujar Didit, di dalam forum Banmus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto menjelaskan bahwa Dinas kesehatan saat ini masih belum mengetahui besaran kenaikan, namun sudah ada tindakan preventif yang akan dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul, seperti pemberian subsidi iuaran kepada masyarakat.

“Saat ini BPJS mensubsidi lebih dari 500 ribu masyarakat Bangka belitung, dan di tahun 2020 sangat berpotensi untuk naik.” jelas Mulyono.

Akan tetapi, tambah Mulyono, Dinas masih perlu tambahan anggaran agar action ini dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan tentu saja dapat meminimalisir permasalahan masyarakat atas naiknya tarif BPJS ini.

“Dengan hitung-hitungan kami untuk BPJS ini, maka anggaran yang perlu ditambah adalah 24M lebih.” tambahnya.

Atas kendala ini, DPRD meminta Dinas Kesehatan untuk merinci kembali berapa angka kenaikan di tiap kabupaten/kota, lalu dilakukan semacam kerjasama 50-50 antara provinsi dan kab/kota untuk menutupi anggaran ini.

“Kita akan panggil Bupati dan walikota serta BPJS Kesehatan, Dinkes, Dinsos dan Badan Pusat Statistik untuk mencari solusi. Masalah dana, Badan Anggaran yang berdiskusi.” jelas Didit.

(Budi)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d