oleh

Wujudkan Generasi Unggul, KNPI Mubar Gandeng Polres dan BNNK Muna Gelar Workshop Anti Narkoba

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muna Barat (Mubar) mengajak seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tiworo Tengah (SMANTIRTA) untuk memerangi penyalahgunaan narkoba.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD KNPI Mubar, La Ode Sariba saat membawakan materi workshop anti narkoba di Aula SMANTIRTA, Sabtu (31/8/2019).

Kata dia, pihaknya hadir bersama BNNK dan Polres Muna untuk mensosialisasikan bahaya penyalagunaan narkoba di tingkat pelajar, agar mewujudkan generasi unggul.

“Jadi kegiatan hari merupakan salah program kerja KNPI Mubar yang di kemas dalam KNPI Go To School, agar pelajar dapat mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba. Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu, pihak Polres Muna berhasil mengamankan pengedar narkoba dan salah satu tersangkanya dari kalangan pelajar,” kata Ketua Garda Pemuda Nasdem Mubar ini.

Sariba menyebut, kegiatan Go to School ini sudah yang keempat kalinya, dua tahun lalu kegiatan ini diselenggarakan di SMAN 1 Tikep. Kemudian, tahun berikutnya di SMAN 1 Lawa dan SMAN 1 Kusambi, sedangkan untuk tahun 2019 ini diselenggarakan di SMAN 1TIRTA ini.

“Untuk tahun 2019 ini kegiatan ini kita fokuskan di daerah Tiworo Raya. Kenapa diprogramkan di daerah ini, sebab secara geografis daerah ini berbatasan langsung dengan laut bebas. Jadi kalau kita berbicara terkait peredaran narkoba, wilayah laut ini cukup rentan para pengedar memasukkan barang haram ini,” jelasnya.

Lanjut kata Sariba, terkait peredaran narkoba ini, sasaran utama para bandar narkoba adalah pelajar. Untuk itu, pihaknya berinisiatif untuk melakukan sosialisasi anti naroba kepada siswa dan agar dapat mewujudkan generasi yang unggul.

“Meski baru berusia dua tahun, SMANTIRTA ini sudah menunjukan kesuksesannya dengan memprogramkan kegiatan ekstrakulikuler dalam rangka peningkatan kapasitas siswa diantaranya Enghlis Day dan pendalaman ilmu agama. Kita berharap siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi duta narkoba, dan bisa menyampaikan di kalangan masyarakat, pelajar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ini,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMANTIRTA, La Badi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak KNPI disekolahnya. Lanjut dia, SMANTIRTA sebagai penyelenggara pendidikan formal dimana patut melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.

“Jadi berbicara generasi sehat ini, tentunya sehat fisik dan rohani, serta sehat dalam pergaulan, tidak terkontaminasi dengan pergaulan bebas dan tentunya tidak terkontaminasi pergaulan narkoba. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan go to school yang dilaksanakan oleh KNPI Mubar,” ucapnya.

Sambung La Badi, berdasarkan informasi yang didapatkannya bahwa hari pertama bersekolah di seluruh sekolah se-Sultra, pihak sekolah dapat menggandeng BNN untuk melakukan sosialisasi bahaya narkoba. “Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba di kalangan siswa SMANTIRTA,” bebernya.

Selain mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KNPI Mubar disekolahnya, Kepsek SMAN 1 Tirta berharap KNPI bisa memberikan kegiatan-kegiatan lain yang bisa memberikan motivasi kepada pelajar agar lebih berinovatif. Agar bisa melahirkan generasi yang penerus yang inovatif, karena mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Untuk diketahui bersama kegiatan ini yakni Kasat Narkoba Polres Muna, Iptu Hamka, dan BNNK Muna. Sedangkan peserta yakni seluruh siswa dan siswa SMANTIRTA kelas 10 dan 11.

(Acriel)

News Feed