oleh

Analisis Sikologis, Rajiun Tumada dan karakter politik

Politik Partai Perindo Kab. Muna, Suranto Sanusi. Foto : Istimewa

OPINI, SEKILASINDO.COM-Mencermati karakter politik dan kepemimpinan La Ode M Rajiun Tumada dalam kiprah ke pemimpinanannya sebagai Bupati Muna Barat secara empiris, maka dapat dikatakan sebagai kepemimpinan dan politisi visioner
(visionary leadership) ini dapat diartikan sebagai pemimpin dan pplitosi yang memiliki kemampuan dalam mencipta, merumuskan, mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mentransformasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial diantara anggota organisasi perangkat daerah dan stakeholders yang diyakini sebagai cita-cita organisasi di masa depan yang harus dicapai melalui komitmen semua personil.

Sebagai seorang pemimpin dan politisi yang visioner beliau mampu menciptakan visi dan tujuan yang jelas, berkenaan dengan pemahaman tentang masa depan yang lebih mantap dan usaha-usaha dalam peningkatan mutu yang lebih terarah.

Seorang pemimpin dan politisi yang visioner, La Ode M Rajiun Tumada cenderung berpikir kreatif demi masa depan daerah yang ia pimpin. Kemampuan ini tentu saja didapatkan melalui berbagai proses pembelajaran dan juga pengalaman, baik itu secara pendidikan formal maupun informal. #Pelopor Pembangunan, Bapak La Ode M Rajiun Tumada.

Penulis : Suranto Sanusi, ST. (Politik Muda Partai Perindo Kab. Muna)

News Feed