Daerah

Pastikan Penggunaan Anggaran Tepat Sasaran, Pemko Medan Bentuk Tim 

×

Pastikan Penggunaan Anggaran Tepat Sasaran, Pemko Medan Bentuk Tim 

Sebarkan artikel ini

MEDAN, SEKILASINDO.COM – Pemerintah Kota Medan telah membentuk tim peningkatan pelaksanaan anggaran dan kelurahan yang bertugas melakukan pembinaan dan membantu pihak kelurahan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga mengawasi penggunaan dana kelurahan.

Hal ini dilakukan agar seluruh penggunaan anggaran dana kelurahan benar-benar tepat sasaran dan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Click Here

Selain itu dalam sektor pendidikan, kesehatan dan sarana pelayanan umum, Pemko Medan terus melakukan perbaikan kualitas sarana kesehatan, pendidikan serta pelayanan umum menjadi lebih baik.

Misalnya untuk bidang kesehatan, Pemko terus melakukan pembenahan fasilitas pelayanan tingkat pertama untuk Puskesmas yang terakreditasi.

Selanjutnya pembangunan rumah sakit tipe C Medan Labuhan yang direncanakan beroperasi tahun 2020, serta peningkatan alat-alat kesehatan di RSUD DR Pirngadi.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH, Pemandangan Umum Fraksi Partai Gerindra yang disampaikan Drs Proklamasi Naibaho pada Sidang Paripurna tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan Tahun Anggran 2019 di Gedung DPRD Medan, Kamis (8/8/2019).

“Imbauan, masukan serta saran kepada Pemko Medan untuk melakukan pemahaman dan pengawasan terhadap penggunaan dana kelurahan telah dilakukan dan ditindaklanjuti. Kami mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang diberikan. Namun untuk diketahui bersama, terkait bidang pendidikan, Pemko Medan sedang melakukan rehabilitasi ruang kelas sekolah tingkat SD dan SMP yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan,” kata Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota menjelaskan bahwa perubahan APBD 2019 sejatinya diperuntukkan guna mengantisipasi kebutuhan dinamika pembangunan kota yang semakin menuntut kecepatan akan pelayanan publik.

“Ketersediaan beberapa infrastruktur yang handal dan strategis seperti jalan dan drainase memegang peranan yang cukup penting untuk melancarkan aktivitas perkotaan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wali Kota memaparkan, upaya pembangunan infrastruktur lingkar luar terus didorong melalui pemerintah pusat agar dapat segera direalisasikan guna meminimalisir kepadatan lalu lintas khususnya di pusat kota.

“Percepatan pembangunan tol dalam kota juga menjadi satu master plan yang nantinya diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan di Kota Medan,” jelasnya.

Kemudian menjawab pertanyaan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui Rajudin Sagala terkait laporan perbaikan Lampu Jalan Umum (LPJU), Wali Kota mengungkapkan Pemko Medan telah memiliki aplikasi Medan Rumah Kita (MRK) yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan kritik, saran, masukan maupun keluhan oleh masyarakat.

“Apabila masyarakat mendapati sejumlah fasilitas umum yang tidak berfungsi maupun ingin menyampaikan masalah ataupun keluhan lainnya seperti LPJU yang mati dapat dilaporkan melalui aplikasi MRK. Nantinya laporan tersebut akan terkoneksi untuk ditindaklanjuti organisasi perangkat daerah (OPD) terkait,” ungkapnya.

Selain Wali Kota, Sidang Paripurna DPRD Medan tentang Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2019 tersebut juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli, para anggota dewan serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. (Red)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d