oleh

Hut Ke-5 Buteng, KNPI Buteng Ikut Meriahkan Culture Carnaval

BUTON TENGAH, SEKILASINDO. COM-Dalam rangka meriahkan Hari jadi Buteng Ke-5 tahun, Bupati Buteng, Samahuddin SE, membuka secara resmi Culture Carnaval Buton Tengah (Buteng) bertajuk “Kalenteano Liwu” yang dilaksanakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Buteng yang di pimpin oleh Firman Kasim, SH, di Kecamatan Gu, Kabupaten Buton tengah, Minggu (21/07/2019).

Pelaksanaan Buteng Carnaval yang merupakan kegiatan pendukung moment peringatan HUT Kabupaten Buteng tiap tahun yang di jadikan sebagai icon/branding daerah dalam mengangkat nilai nilai kearifan yang berbasis pada potensi dan budaya lokal diapresiasi oleh ketua KNPI Buteng.

Dalam kesempatan itu Firman, menyampaikan bahwa penyelenggaraan carnaval yang di posisikan sebagai media komunikasi para pelaku industri kreatif yang di balut dalam bentuk carnaval bertemakan budaya harus mampu menjadi starting point dalam mengembangkan daya kreatif desainer lokal sehingga bukan hanya sekeder seremonial belaka, namun juga menjadi perekat bagi seluruh warga masyarakat Buteng.

“KNPI Buteng berharap kegiatan Carnaval dalam rangka HUT Buteng yang ke-5 tidak hanya sekedar sekedar acara seremonia saja akan tetapi bisa menjadi momen promosi budaya Buteng dan mampu memupuk persatuan dan kesatuan masyarakat Buteng,”ucap Firman, usai mengikuti kegiatan Carnaval.

Lanjut Firman, event carnaval yang mempromosikan budaya dan karya kreatif di harapkan juga dapat menghibur masyarakat serta menjadi ruang komunikasi antar sesama masyarakat buteng dengan penentu kebijakan.

KNPI yang turut memeriahkan carnaval kali ini mengambil tema KNPI “satu nafas” Pemuda bersatu, mengandung maksud bahwa KNPI merupakan sentra Organisasi pemudaan harus bersatu, sepenanggungan memberi warna dengan daya kritis yg dimiliki guna mewujudkan masyarakat adil makmur.

“Ditangan pemudalah cita cita bangsa ini diamanahkan, ditangan pemudalah masa depan bangsa dipertaruhkan, sebagai mana pesan bung karno bahwa berikan aku sepuluh pemuda maka akan kupindahkan gunung himalaya kelaut pasifik”jelasnya. (Arwin)