oleh

Disdik Mubar Gelar Sosialisasi Penyusunan RKAS Berbasis Online Kepada Seluruh SD dan SLTA di Mubar

Sekertaris Disdik Mubar, Jamuddin. Foto : Acriel

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi program penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) online dan sistem informasi pengadaan sekolah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun Anggaran 2019.

Diikuti oleh seluruh kepala dan bendahara sekolah tingkat SD dan SMP setempat, di Aula SMP Negeri 1 Tiworo Kepulauan (Tikep), Sabtu (20/7/2019).

Sekretaris Disdik Mubar, Jamuddin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kepala sekolah dan bendahara terkait cara penyusunan anggaran kegiatan sekolah berbasis online dengan mengunakan dana BOS sehingga penggunaanya tepat sesuai dengan pos anggaran yang telah di susun sebelumnya.

“Tahun 2018 penyusunan laporannya bisa secara manual, tetapi tahun ini sudah harus online semua,” ujar Jamuddin, Sabtu (20/07/2019).

Dikatakannya, sebelumnya untuk pembelanjaan dana BOS dapat dibelanjakan di toko mana saja, tetapi saat ini untuk membelanjakan dana BOS harus melalui toko yang sudah terdaftar secara online.

“Jadi jika ada toko yang belum terdaftar di Online, maka kita mendaftarkannya terlebih dahulu. jelasnya.

Jamuddin menyebut, seteleh kegiatan sosialisasi ini, kita berencana akan membagi menjadi tiga wilayah besar untuk menguji kembali sejauh mana pemahaman mereka setelah mengikuti sosialisasi ini, agar nanti kami dapat mengetahui, apakah benar mereka sudah paham atau belum. Imbuhnya.

Saya berharap, agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik, sehingga dalam pelaksanaanya kedepan tidak menemui masalah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari sejak 19 Juli 2019 ini mengacu pada Permendikbud No. 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) BOS. (Acriel)