oleh

Masuk Zona Rawan Bencana, Basarnas Banten Akan Bangun Posko di Lebak

LEBAK, SEKILASINDO. COM-Badan Nasional SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Banten menggelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak, dengan tujuan untuk meningkatkan sinergi penanganan musibah atau bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Kabupaten Lebak.

Kepala Basarnas Banten, M. Zaenal Arifin mengatakan dengan adanya koordinasi dengan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, terkait penanganan musibah atau bencana diharapkan kedepan pemerintah dan Basarnas bisa lebih efektif menangani musibah atau bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Koordinasi dengan Bupati Lebak, supaya kedepannya jika ada musibah atau bencana kita bisa lebih efektif menanggulanginya,” Kata Zaenal usai berkoordinasi dengan Bupati Lebak, Kamis (18/7/2019).

“Lebak juga masuk zona rawan bencana,”sambung Zaenal

Dengan adanya koordinasi seperti ini, Lanjut Zaenal, Basarnas Banten akan membentuk atau membangun Pos SAR di wilayah Kabupaten Lebak agar jika nantinya ada bencana atau musibah Pos SAR lebih cepat menangani kejadiannya.

“Kalau melihat posisi Kantor Pusat Basarnas di Banten (Kramatwatu,red) kan rada jauh menuju Lebak nya. Jadi dengan adanya Pos SAR di Lebak lebih efektif dan lebih cepat menanganinya,” tutup Zaenal.

Dilain pihak, Kabag Humas Pemkab Lebak, Eka Prasetiawan, mengatakan rencana pembangunan posko Basarnas di Wilayah Kabupaten Lebak diharapkan dapat membantu Pemkab khususnya masyarakat Lebak dalam penanganan bencana.

“Ibu Bupati mengapresiasi rencana tersebut dan akan segera mencari lahan yang tepat” ujarnya.

Untuk lokasinya, kata Eka, kemungkinan di Wilayah selatan, namun Eka sendiri belum dapat memastikan. “Itu (Lokasi Pembangunan Posko) tergantung kebijakan Bupati” pungkasnya. (Dra/hms)

News Feed