oleh

Jalan Poros Desa di Mekarjaya Butuh Perhatian Serius

Kondisi jalan yang terjal dan berbatu saat musim kemarau

LEBAK, SEKILASINDO. COM- Jalan sepanjang sembilan kilometer di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cijaku, Lebak, kondisinya sangat memprihatinkan.

Jalan yang melintasi lima perkampungan dan menghubungkan tiga desa ini, sangat vital dalam mengerakan roda perekonomian di masyarakat, sehingga harus menjadi perhatian serius dari pemerintah.

Pantauan Wartawan Sekilasindo, Jumat (12/07/2019), nampak sebagian besar jalan sudah berkerikil dan sulit dilalui, terlebih di jalur tersebut banyak tanjakan yang sangat curam. Menurut informasi, tak sedikit pengendara yang tergelincir lantaran jalanan licin, apalagi ketika musim hujan.

Kepala Desa Mekarjaya, Mistarudin memaparkan, jalan sepanjang sembilan kilometer di wilayahnya itu sebenarnya menjadi salah satu prioritas pembangunan pihaknya, bahkan sebagian telah diperbaiki oleh Pemerintah Desa dibiayai dari APBDes. Namun, lanjut Mistarudin, karena keterbatasan anggaran dan masih banyak pos pembangunan yang lainnya, maka pihaknya belum bisa menuntaskan perbaikan jalan tersebut.

“Empat kilometer sudah kita perbaiki, masih sekitar lima kilometer yang kondisinya rusak parah,” katanya.

Dia berharap, penanganan jalan ini menjadi fokus bersama, baik Pemerintah Kabupaten, Provinsi, maupun pemerintah pusat. Sebab, kata Mistarudin, jalan ini merupakan salah satu penunjang tergeraknya roda perekonomian masyarakat.

“Kasihan masyarakat yang jualan, mengangkut hasil alam dan yang lainnya, banyak yang kesulitan saat melintasi jalan ini,” katanya.

Selain itu, Kata Mistar, Jalan tersebut merupakan jalan penghubung ke Desa Kapunduhan Kecamatan Cijaku dan Desa Tanjungsari Kecamatan Gunung Kencana juga merupakan akses jalan yang biasa di gunakan oleh para pelajar menuju sekolah nya.

“Jalan tersebut setiap hari (masuk sekolah) di lalaui oleh siswa siswi Tsanawiyah Sukamulya, SMPN 2 Cijaku dan SMA Satap Cijaku di Desa Mereka,” pungkasnya.
**(Usep)