oleh

Nasehat Kepala Lingkungan Ballo 1, tentang Inventarisasi Penguasaan,Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah

TAKALAR, SEKILASINDO.COM – Tanah terkadang menjadi kendala yang sering terjadi masalah dalam lingkungan masyarakat.

Daeng Tulung alias K’ Wawan selaku Kepala lingkungan.Menjelaskan bahwa sehubungan pengalaman dalam menjalankan tugas,Untuk kita saling mengingatkan dan kita saling mengetahui seperti apa tanah yg kita kuasai,Kita miliki kita gunakan dan memanfaatkanya.

Perlu kita tahu bahwa tanah milik adalah tanah yg punya nomor Persil dan Kohir.

adapun tanah Pemerintah yg tidak memiliki persil kohir tapi kadang dikuasai dan digunakan dan dimanfaatkan oleh sekelompok manusia.

dalam hal ini saya hanya perlu saling berbagi pengalaman untuk proses pengalihan hak atas tanah apakah itu sebagai tanah warisan atau tanah milik dan semacamnya.

Kadang kita sebagai pemerintah Tingkat paling bawah kadang mengalami permasalahan karena kita tidak tanggap dalam menentukan alas hak dan penentuan batas dari suatu tanah yg kita ingin alihkan atau kita ingin menetapkan luas dari tanah tersebut.

karena banyak terjadi kita lihat bahwa kadang terjadi perbedaan luas tanah dengan apa yg terjadi dari penetapan pajak seperti SPPT.

Artinya kita harus ada kehati-hatian dalam proses yg berhubungan dengan tanah itu sendiri.

sedianya kita jangan berpatokan kepada luas yg ada diSPPT ,karena kadang beda dari apa yg terjadi dilapangan.

Semoga kita sepakat jangan kita menentukan luas tanah dengan cara luas mencari batas tapi yg benar adalah batas mencari luas .saya mohon kita saling berbagi pengalaman disini .
Semoga kita saling mengenal seperti apa kita melaksanakan tugas sebagai perpanjangan pemerintah didusun atau dilingkungan kita masing – masing .
Semoga tulisan ini ada manfaatnya untuk kita semua . komentar dari sodara- saudaraku saya tunggu untuk melengkapi pengetahuan kita tentang tanah……!

Penulis:
Komunitas Warkop Poteng

Laporan Suherman, S.Pd

 

News Feed