oleh

Takalar Hadiri Launcing GenPI dan Ritual Adat Kajang Andingingi Bulukumba

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Kabupaten Bulukumba akan menggelar deklarasi Genpi (generasi pesona indonesia) Kab. Bulukumba dan juga ritual adat Kajang andingingi, yang rencananya digelar 27 April di panggung terbuka pantai Bira Bulukumba.

‌Ritual adat kajang ini merupakan sebuah tradisi dimana Kampung adat kajang mendinginkan sebuah daerah dengan nama “Andingingi”.

Penampilan seni tari Utusan Takalar di acara launching Genpi dan ritual adat Kajang “Andingingi” di pantai Bira Bulukumba.

Tujuan kegiatan budaya tersebut untuk menolak bala dan sebuah doa kepada Sang Pencipta agar di berikan keamanan serta Perlindungan terhadap di daerah tersebut dan Kegiatan Budaya ini menjadi salah satu tujuan utama Destinasi Wisata Religi yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Oleh karna itu, dalam rangka memeriahkan acara ini, Kab. Takalar melalui Dinas Pariwisata juga mengirim utusan sesuai undangan dan sekaligus mengetahui langsung adat budaya tradisioal Bulukumba.

Kabid Kebudayaan Pariwisata Takalar Irwanto Natsir Husain, mengatakan sangat terpukau melihat kemajuan sektor pariwsata di Bulukumba khusunya kawasan pantai bira apalagi dengan di deklarasikannya genpi ini makin membuat kesadaran serta tanggung jawab para pemuda untuk mengembangkan sektor pariwisata lebih bagus lagi.

“Kita berharap semoga Genpi Takalar juga segera terbentuk sebagai pelopor dalam kemajuan parwisata seperti yang ada di Bulukumba,”Urai Irwanto.

Terakhir Irwanto ingin dengan adanya Genpi Bulukumba selain untuk meramaikan dan meningkatkan kunjungan ke daerah wisata, dapat juga menambah penghasilan bagi warga sekitar, dapat mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama budaya tradisional kita yang masih perlu dijaga kelestariannya.