oleh

BPNT Mulai dibagikan ke Tiap-tiap Desa di Kecamatan Malingping

Pembagian BPNT di Desa Malingping Selatan, Lebak-Banten

LEBAK, SEKILASINDO.COM- Kartu beserta rekening BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) mulai didistribusikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di desa-desa Kecamatan Malingping Selasa (02/07/2019).

BPNT merupakan bantuan stimulan pengganti bantuan Rastra (Beras Sejahtera), yang penerimanya warga tidak mampu sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Dengan BPNT, warga nantinya dapat mengambil bantuan pangan berupa beras dengan kartu seperti ATM, yang hanya dapat diambil di agen yang ditunjuk khusus, serta tidak dapat dibagikan dalam bentuk uang.

Rastra yang tadinya dibagikan sampai titik distribusi desa lalu membagikan kepada masyarakat, dengan program ini otomatis dihilangkan.

Evi Febrianti, TKSK Malingping menyampaikan kepada warga penerima manfaat di Desa Malingping Selatan agar penerima BPNT yang juga penerima PKH tidak menerima rekening BPNT.

“Kami sampaikan kepada ibu-ibu yang sudah menerima PKH agar tidak mengambil BPNT, karena yang menerima PKH otomatis sudah menerima BPNT otomatis masuk ke rekening PKH,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, BPNT tidak dapat diuangkan dan bagi yang merasa keluarga mampu untuk mengembalikan ke desa. “Bantuan ini tidak dapat diuangkan, Kalau merasa sudah mampu silahkan laporkan ke desa dan kembalikan kartunya, dan bagi yang tidak mendapatkan jangan menyalahkan pihak desa, karena desa pasti mendata, tetapi ketentuan yang mendapat itu dari sananya,” terang Evi.

Sementara itu Agus, petugas Bank BRI yang ikut mendampingi pembagian BPNT menegaskan pencairan bantuan hanya dapat dilakukan di agen yang ditunjuk khusus. “Bagi KPM yang sudah meninggal itu dapat dilimpahkan ke ahli warisnya, dan biasanya pencairan pertanggal 10,
selain itu pencairan hanya dapat dilakukan di agen desa masing-masing, kalau masuk ke agen desa lain tidak akan bisa,” imbuhnya.

Dihubungi secara terpisah, Pipin Tohidin Kaur Ekbangsos Desa Malingping Selatan menuturkan jumlah penerima BPNT sama dengan penerima data Rastra. “Jumlah penerima program BPNT sesuai yang tertera dengan penerima manfaat program rastra, didesa ini jumlahnya 268 KPM, dan nantinya penerima BPNT akan dapat mencairkan Rp 110.000 untuk ditukarkan beras di agen yang ditunjuk khusus,” pungkasnya.

News Feed