oleh

Pemkab Labuhanbatu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

LABUHANBATU, SEKILASINDO.COM – Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT laksanakan rehabilitas dan rekonstruksi pasca bencana kebakaran di Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Kamis (13/6/2019).

Kabag Administrasi Protokoler Setdakab Labuhanbatu Supardi Sitohang ketika dikonfirmasi menerangkan, Peristiwa kebakaran di Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu, pada hari Rabu, 5 Juni 2019 yang lalu atau tepat pada hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019 Masehi, dengan data terakhir, mengakibatkan 4 Orang korban meninggal dunia, 30 rumah penduduk hangus terbakar yang merupakan tempat tinggal 45 Kepala Keluarga atau 158 Jiwa dari berbagai etnis yang mendiami area kebakaran dimaksud.

“Menyikapi peristiwa bencana kebakaran yang tidak diinginkan terjadi tersebut, Bapak Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.,M.T, selaku Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu bersama Tim Komando Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Labuhanbatu, melakukan Kebijakan, Strategi dan Sasaran dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana kebakaran di Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir, sehingga perbaikan dan pemulihan semua aspek yang diakibatkan bencana kebakaran dimaksud dapat pulih kembali dan akhirnya kehidupan masyarakat diwilayah bencana dapat terlindungi dan dapat beraktivas sebagaimana biasa sebelum bencana terjadi.”terang Supardi.

Kebijakan yang dilakukan, lanjut Supardi, adalah melalui tindakan rehabilitasi dan rekonstruksi dengan strategi rehabilitasi yaitu melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam tahapan pelaksanaan rehabilitasi, memperhatikan karakter bencana, daerah dan budaya masyarakat setempat, mendasarkan pada kondisi aktual di lapangan (tingkat kerugian/ kerusakan serta kendala medan).

“Pemkab Labuhanbatu menjadikan kegiatan rehabilitasi sebagai gerakan dalam masyarakat dengan menghimpun masyarakat sebagai korban maupun pelaku aktif kegiatan rehabilitasi dalam kelompok swadaya dan menyalurkan bantuan pada saat, bentuk, dan besaran yang tepat sehingga dapat memicu/membangkitkan gerakan rehabilitasi dan penanganan bencana yang menyeluruh.”jelas Supardi kembali..

Mengenai Pembiayaan kebijakan dimaksud, lanjut Supardi, dapat diperoleh dari dana APBD Kabupaten Labuhanbatu, usulan bantuan dari Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan dari Pemerintah Pusat serta Bantuan/sumbangan sukarela dari masyarakat.

“Melalui kebijakan dan strategi yang ditempuh, maka langkah berikutnya adalah menuju sasaran kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi, yaitu kelompok manusia dan segenap kehidupan dan penghidupan yang terganggu oleh bencana. Sumberdaya buatan yang mengalami kerusakan akibat bencana
sehingga berkurang nilai gunanya.
Dan ekosistem atau lingkungan alam untuk mengembalikan fungsi ekologisya.”ujarnya.

Dalam rangkaian pemulihan sasaran yang diakibatkan bencana kebakaran dimaksud, Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kendali Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Bapak H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T dan didukung penuh oleh Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekdakab dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Labuhanbatu , Para Kabag Setdkab Labuhanbatu dan Pejabat dilingkungan Pemkab Labuhabbatu, Para stakeholder serta komponen masyarakat.

“Pada hari ini Kamis, 13 Juni 2019 kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir yang terkena bencana kebakaran berupa bantuan dana sebesar Rp. 277.000.000,- yang diperoleh antara lain dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp. 180.000.000,- , dengan rincian Rp.150.000.000,- dibagi kesasaran pengadaan material bahan bangunan untuk 30 Rumah warga yg terbakar hangus masing-masing sebesar Rp. 5.000.000,-/Rumah dan sebesar Rp. 30.000.000,- diberikan kepada sasaran yaitu ahli waris/keluarga dari 4 orang warga yang meninggal dunia akibat kebakaran, masing-masing Rp. 7.500.000.-.”Supardi memaparkan.

Kemudian, diperoleh bantuan sukarela dari Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Labuhanbatu sebesar Rp. 30.000.000,-, Bantuan dari PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat sebesar Rp. 10.000.000,- dan Bantuan dari Lions Club Rantauprapat sebesar Rp. 7.000.000,- diserahkan kepada sasaran 45 KK korban bencana kebakaran. Sedangkan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp. 50.000.000,- diberikan kepada sasaran 26 Orang anak dari 45 KK korban kebakaran yang masih duduk dibangku sekolah SD, SMP dan SMA, masing-masing menerima Rp. 500.000,- s/d Rp. 3.000.000,- (berpariasi sesuai tingkatan sekolah). Sedangkan bantuan dari Pihak Bank BRI Rantauprapat menyerahkan bantuan dalam bentuk bahan pangan yaitu beras 50 Goni, Gula Putih 50 Bungkus, Minyak Goreng 50 Bungkus, Mie Instan 50 Kotak dan Bantuan 800 Kg beras dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) Kabupaten Labuhanbatu diserahkan kepada sasaran 45 KK korban bencana kebakaran.

“Khusus bantuan untuk rekonstruksi pembangunan kembali 33 Unit rumah tempat tinggal 45 KK atau 158 Jiwa dimaksud, selain bantuan dari Pemkab Labuhanbatu sebesar Rp.150.000.000,-, juga diberikan fasilitas kemudahan bagi 45 Kk korban kebakaran untuk mengajukan pinjaman kredit dalam bentuk bantuan modal usaha kepada PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat dan Bank BRI Rantauprapat sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh Bank masing-masing. Sedangkan pihak BRI Cabang Rantauprapat menyatakan bagi korban bencana kebakaran Sei Berombang yang memiliki kredit pada di BRI secara otomatis dinyatakan lunas dan dipersilahkan untuk mengurus pengembalian agunan pada BRI terdekat.”katanya kembali.

Pada kesempatan pemberian bantuan tersebut, Plt. Bupati Labuhanbatu juga menyatakan gratis dalam pengurusan izin usaha dan menjamin percepatan urusan administratif yang diperlukan warga korban bencana kebakaran Sei Berombang. Seperti pengurusan kembali Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Izajah dan surat-surat berharga lainnya yang turut terbakar. Para OPD terkait dipastikan akan merespon hal itu dengan sebaik-baiknya.

Pelaksana Camat Panai Hilir, Hadmansyah dan Perwakilan Warga Korban Kebakaran Sei Berombang, mengucapkan terimakasih dan rasa hormat kepada Plt.Bupati Labuhanbatu beserta jajaran yang secara langsung turun membantu dan melindungi masyarakatnya sehingga rasa nyaman dan ketenangan jiwa korban bencana kebakaran, tumbuh dan semangat kembali menapak masa depan yang lebik baik lagi.

Hadir dalam acara, antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih,S.H.,M.M yang juga selaku Komando Tanggab Darurat Bencana Kabupaten Labuhanbatu (Ex.Officio BPBD), Para Staf Ahli Bupati Labuhanbatu, Para Asisten Sekdakab Labuhanbatu, Para Kepala OPD/Staf Terkait, Para Kabag Setdakab Labuhanbatu, Camat Panai Tengah, Unsur Muspika Kecamatan Panai Hilir, Kasat Pol Air Sei Berombang, Kwarcab Pramuka 05 Kabupaten Labuhanbatu, Pengurus Lions Club Rantauprapat, Jurnalistik Labuhanbatu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Kecamatan Panai Hilir, Para Korban Bencana Kebakaran, Pengurus Vihara Budha Shanty Sei Berombang Kec. Panai Hilir dan Tim Protokoler Setdakab Labuhanbatu. (Ricky)

News Feed