oleh

Buka Homestay, Wabup: Perlu Pengembangan Wisata Berbasis Kearifan Lokal

Wabup Mubar, Achmad Lamani. Foto: Acriel

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Muna Barat (Mubar) mengelar pelatihan manajemen Homestay di Youme Coffee, Jumat (03/05/2019).

Kegiatan pelatihan manajemen Homestay di hadiri langsung Wakil Bupati (Wabup) Mubar, Achmad Lamani, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, La Ode Ali Kadirun, Dua Instruktur dari Provinsi Sultra, seluruh Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan 55 peserta Homestay.

Wabup Mubar, Achmad Lamani mengatakan kegiatan Homestay ini penting dilakukakan dan diperlukan untuk merubah dan mengembangkan pola pikir masyarakat dalam mengelolah serta melestarikan objek wisata yang ada di Mubar.

“Pengembangan dan pelestarian objek pariwisata harus berbasis kearifan budaya lokal yang ada di Mubar., ujar, Achmad Lamani, saat memberikan sambutan pada acara pelatihan manajemen Homestay, Jumat (03/05/2019).

Dikatakannya, pengelolaan, pengembangan dan pelestarian objek pariwisata memberikan dapat positif bagi peningkatan pendapatan Daerah dan pendapatan ekonomi masyarakat. Dan kegiatan ini pula adalah embrio dalam membentuk Desa-Desa Wisata di Kabupaten Mubar. ungkapnya.

Achmad Lamani menyebut, Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada telah membangun sarana dan prasarana infrastrultur dasar pariwisata. “Kegiatan pelatihan merupakan awal dan pertama kali, Insya Allah kedepannya akan tetap dilaksanakan. jelasnya.

“Objek wisaya akan berjalan baik jika didukung dengan infrastruktur jalan yang baik, agar masyarakat dan para wisatawan merasa nyaman datamg berkunjung di tempat-tempat wisata di Mubar., tegasnya.

Di tempat yang sama, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Mubar, La Ode Ali Kadirun mengatakan pelatihan manajemen Homestay di peruntukkan kepada 55 peserta yang merupakan pelaku usaha di beberapa tempat wisata di Mubar.

Ali Kahadirun menyebut, pelatihan Homestay ini bertujuan untuk membina dan melatih 55 peserta guna dapat mengembangkan dan melestarikan pawisata agar para wisatawan lokal maupun asing merasa sejuk, nyaman dan damau berkunjung di Mubar., terangnya.

Kata Kadirun, secara keseluruhan Dinas Patiwisata dan Kebudayaan Mubar masih memfokuskan pengembangan pawisata yang berada di daratan. “Insya Allah kedepan kita programkan pengembangan sarana dan prasarana pariwisata di kepulauan. ucapnya.

Saya berharap Pemda Mubar terus memberikan dukungan dan masukan terhadap sistem pengembangan dan pelestarian Wisata di Mubar., tutupnya. (Acriel)

News Feed