oleh

Sempat Ditunda Selama Beberapa Minggu, Pemilihan Anggota BPD Desa Wandoke Resmi dilaksanakan Hari ini

MUNA BARAT, SEKILASINDO.COM – Pelaksanaan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Wandoke, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) Kabupaten Muna Barat( Mubar) dilaksanakan hari ini, Jumat (26/04/2019) setelah ditunda selama beberapa minggu.

Ketua Panitia pemilihan anggota BPD Desa Wandoke, La Jafar, mengatakan, ditundanya proses pemilihan karena waktunya berdekatan dengan proses Pemilu serentak yang lalu.

“Pemilihan anggota BPD ini ditunda karena waktunya dekat dengan Pemilu serentak kemarin, jadi kalau tetap dilaksanakan pemilihan anggota BPD dikhawatirkan tidak berjalan lancar, karena ada beberapa berkas-berkas administrasi juga yang harus dipenuhi dalam pemilihan ini selama selama beberapa hari,” pungkas La Jafar saat dihubungi via telepon, Jumat (26/04/2019).

Adapun proses pemilihan BPD Desa Wandoke ini terdiri atas 15 calon anggota yang dipilih secara demokratis oleh masyarakat wajib pilih Desa wandoke, Kec. Tikep, Kab. Mubar, dan yang terpilih serta ditetapkan sebagai anggota BPD Desa Wandoke sesuai aturan pemerintah yakni sebanyak 5 orang, terdiri dari La Ode Foli, H. La Hamidu, La Salia, Wa Ode Sarlina dan La Ode Haliki.

La Jafar berharap kepada anggota BPD yang terpilih agar dalam memegang amanah tersebut bisa dipercaya dan selaras bekerja sama sebagai mitra kepala desa dalam membangun Desa Wandoke.

“Saya berharap kepada para anggota BPD yang terpilih agar seiring sejalan dengan kepala desa, bekerja dengan tupoksinya masing-masing, agar desa kita tercinta ini semakin maju dan berkembang,” tutup La Jafar.

Perlu diketahui tugas dan fungsi BPD dalam desa yang tertuang dalam beberapa penjabaran dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa. diantaranya adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa. (Deddy)

News Feed