oleh

Kambera Ntiarasi Menjadi Ikon Mubar di Sultra Tenun Karnaval

KENDARI, SEKILASINDO.COM – Pemerintah Daerah(Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) ikut serta memeriahkan Sultra Tenun Carnaval Halo Sultra dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara ke- 55 (Sultra) di tugu Religi, Kota Kendari, Rabu(24/4/2019).

Dalam kegiatan Sultra Tenun Karnaval ini, Pemda Mubar mengangkat tema Kambera Ntiarasi (kupu-kupu yang cantik) yang bermakna bahwa ikon kupu-kupu melambangkan keindahan, kekuatan dan keuletan, kupu-kupu juga adalah simbol pembentukan kader-kader kepemimpinan.

Penanggung jawab lapangan kontingen Sultra Tenun Karnaval Pemda Mubar La Ode Ali Kadirun, SP., M. Pd., mengatakan bahwa ikon kupu-kupu adalah menggambarkan keindahan dan kecantikan, selain itu juga melambangkan seperti lahirnya proses sebuah kepemimpinan.

“Selain melambangkan keindahan dan keuletan, kita perlu juga belajar pada kupu-kupu untuk melahirkan kader pemimpin, kupu-kupu berproses sangat matang.” Pungkasnya.

Selain menampilkan tema ikon Kambera Ntiarasi, Pemda Mubar juga menampilkan beberapa ragam jenis budaya adat Muna, yakni pakaian kabhantapi, pakaian adat pengantin kabalahadhadha serta
menampilkan seni tradisional yakni Ewa Wuna (Silat Muna).

Dalam kegiatan Sultra Tenun Karnaval ini, Pemda Mubar menurunkan sekitar 400 peserta, terdiri anggota SKPD Mubar, ibu-ibu PKK Mubar serta anggota lembaga adat Mubar. (Deddy)

News Feed