Uncategorized

Jambore Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulsel, Pemkab Gowa Buktikan Dapat 2 Penghargaan

×

Jambore Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulsel, Pemkab Gowa Buktikan Dapat 2 Penghargaan

Sebarkan artikel ini

GOWA, SEKILASINDO.COM – Komitmen penuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam meningkatkan penyelenggaraan layanan publik dibuktikan dengan didapatkan dua penghargaan pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi pada kategori Top 29 Tahun 2019.

Click Here

Pemberian penghargaan ini dihadiri langsung Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa Ambo dan Kepala Dinas Pendidikan Abd. Salam, pada Jambore Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Four Points by Sheraton Makassar Kamis (25/4)

Adapun dua penghargaan yang diterima yaitu. Pertama, inovasi “Pak Adnan” atau Pelayanan Kolaborasi Administrasi Kependudukan yang dihadirkan Disdukcapil Gowa dan “Impian” atau Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai Aparatur Sipil Negara yang dihadirkan Dinas Pendidikan.

Inovator Pak Adnan Edy Sucipto mengatakan, latar belakang dihadirkannya inovasi tersebut untuk mengakomodir layanan pembuatan identitas kependudukan salah satunya akta kelahiran di 18 kecamatan. Utamanya di dataran tinggi yang disebabkan akses jauh.

“Sebelumnya karena keterbatasan sumber daya manusia dan sarana pra sarana sehingga agak susah untuk membuat cakupan akta kelahiran. Inilah sehingga kita sulit untuk memenuhi target nasional,” katanya.

Karena persoalan tersebut, Disdukcapil Gowa pun mencari solusi dengan membuat inovasi untuk memenuhi cakupan target nasional dalam pembuatan akta kelahiran.

Yaitu dengan melakukan kerjasama dengan SKPD yang memiliki jaringan kerja hingga ke unsur kelurahan atau desa dalam membantu pembuatan identitas kependudukan baik itu akta kelahiran maupun kartu keluarga (KK).

“Dengan adanya inovasi ini kita berhasil melampaui target nasional dalam cakupan pembuatan akta kelahiran pada 2018 lalu sebesar 97 persen,” ujar Edy.

Sementara Wabup Gowa menyampaikan apresiasinya atas kerja-kerja SKPD lingkup Pemkab Gowa yang terus melakukan peningkatan layanan publik.

Penghargaan ini tentunya menjadi bukti nyata pemerintah daerah yang ingin terus melakukan pembangunan bagi daerahnya.

“Kualitas pelayanan publik memang harus terus ditingkatkan, hal ini sangat membantu dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Penghargaan ini menambah penghargaan-penghargaan yang diterima Pemkab Gowa,” katanya.

Dirinya pun berharap dapat memotivasi SKPD lainnya dalam membuat inovasi layanan publik yang bersifat mudah, terjangkau dan transparan. (Shanty)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d