oleh

Bentuk Dasar Mental Generasi Muda Bangsa, Babinsa Koramil 1404-05 1404/Pinrang Beri Wawasan ke Murid SD

PINRANG, SEKILASINDO.COM – Babinsa Koramil 140405 Kodim 1404/Pinrang, Serka Muhammad Hatta memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SDN 274 Paleleng, Desa Kaseralau, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang yang diikuti oleh 67 siswa dan siswi, Jum’at (12/04/2019).

Hal tersebut dilakukan karena baginya Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

“Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya di masa yang akan datang,” jelas Muhammad Hatta.

Sesuai dengan levelnya, kata Muhammad Hatta, pemberian wawasan tersebut disesuaikan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar.

Beliau memaparkan, bahwa dalam pemberian materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para Pahlawan Nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah dasar.

“Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan yang nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI,” tambahnya.

Pemberian pemahaman terhadap Wawasan Kebangsaan utamanya kepada anak-anak SD memiliki nilai yang sangat strategis.

Beliau juga menegaskan dalam hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumber daya manusia khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya.

“Agar mereka memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini serta untuk menunjang pertahanan semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

Penulis: Nursaeni

News Feed