EkBisLife Style

Galesong Kini Miliki Kampung Adat dan Budaya Dengan Konsep Budaya Masa Dulu

×

Galesong Kini Miliki Kampung Adat dan Budaya Dengan Konsep Budaya Masa Dulu

Sebarkan artikel ini

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Kabupaten Takalar kini tengah menggagas pembentukan “Kampung adat dan Budaya Galesong” dengan desain konsep yang menyerupai adat dan budaya di masa lalu.

Pembentukan ini digagas dan diinisiasi oleh pakar Budaya dan sejarawan Prof. Aminuddin Salle.

Click Here

Kampung Adat dan Budaya Galesong berlokasi di Desa Galesong Baru tepatnya di kompleks Balla Barakkaka Galesong, Kabupaten Takalar.

Menurut Prof. Aminuddin Salle, pada kesempatan itu mengatakan bahwa Kecamatan Galesong dikenal sebagai salah satu wilayah yang pernah menganut konsep kerajaan dan sangat terkenal sampai ke wilayah jawa dan negara Belanda lewat manuskrip dan jejak sejarah yang tertuang dalam naskah lontara.

Adat dan Budaya menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan bermasyarakat. Adat dan Budaya yang terjaga menjadi penanda eksistensi dan entitas sebuah bangsa.

“Sebagai pengagas dan inisiator kampung adat dan budaya Galesong, saya berharap agar tempat ini menjadi lokasi edukasi, pembinaan dan pembudayaan nilai-nilai kearifan lokal.

“Dikompleks Kampung Adat dan Budaya Galesong ini dilengkapi dengan fasilitas Balla Barakkaka, Balai Appaka Sulapa, Barung-Barung dan alat-alat musik tradisional serta aneka jenis pakaian adat,” ujar Prof. Aminuddin Salle, Minggu, (14/04/ 2019).

Peresmian Kampung Dan dan Budaya Galesong ini turut dihadiri perwakilan Kesultanan Cirebon, perwakilan Pemprov Sulsel, Kadis Pariwisata Takalar mewakili Bupati Takalar, Ibu Ketua TP PKK Takalar, Perwakilan Karaeng Galesong dan beberapa tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Takalar, Kadis Pariwisata menyampikan bahwa “Kampung Adat dan Budaya Galesong ini akan menjadi salah satu destinasi wisata dibidang kebudayaan. Olehnya itu, kami akan mempromosikannya sebagai salah satu wisata di Kabupaten Takalar. Atas nama Pemerintah Kab. Takalar kami mengucapkan selamat atas peresmian kampung adat dan budaya Galesong,” pungkasnya.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d