oleh

Warga Panik, Gempabumi M 6,9 Guncang Sebagian Sulteng

SULTENG, SEKILASINDO.COM – Warga di sebagian wilayah di Sulawesi Tengah panik, akibat merasakan getaran gempa di sejumlah titik, Jumat (12/4/2019).

Informasi yang berhasil dihimpun berdasarkan data BMKG gempa terasa kuat hingga masyarakat panik dan keluar rumah akibat merasakan gempa durasi 6 detik di Kota Palu.

Kepanikan juga terjadi di Kabupaten Luwu Timur, getaran kuat gempa yang terjadi sekitar 4 detik.

Berdasarkan hasil data BMKG, gempa tersebut berkekuatan 6,9 SR pada Garis Lintang 1.90 LS, Garis Bujur 122.54 BT dan pada kedalaman 10 Km, yang terjadi pada Jumat 12 April 2019 pukul 18:40:49 WIB.

Dan berlokasi 85 KM Barat Daya Banggaikep-Sulteng, 113 Km Barat Daya Banggai-Sulteng dan 113 Km Timur Laut Morowali-Sulteng.

Dalam pernyataannya, BMKG menyebut gempa tersebut berpotensi terjadi tsunami dengan status peringatan “WASPADA”.

BMKG melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Kabupaten Banggai, Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau masyarakat yang ada di Wilayah Kecamatan Toili agar segera mengungsi.

“Mengingat gempa terasa kuat di Kabupaten Banggai daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili,” jelasnya kepada media.

Dia juga mengharapkan agar pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai.

Diketahui getaran gempa juga dirasakan oleh warga Makassar dan Kabupaten Gowa hingga ke Parepare.(*/iwan)

 

 

 

News Feed