oleh

Menjelang PEMILU, Ini Pesan Camat Lembor Kepada Saksi Partai Politik

Lembor, Sekilasindo.com- Menjadi saksi bagi Partai Politik (Parpol), tugasnya tidak sekedar menjadi saksi bagi kepentingan Parpol itu sendiri. Lebih dari itu, hakikinya, saksi parpol dipilih adalah untuk menciptakan Pemilu yang tertib, aman dan damai. Demikian ditegaskan oleh Camat Lembor Pius Baut, SE, M.Si saat membuka secara resmi Pelatihan Saksi Parpol di Aula Paroki Santa Familia Wae Nakeng, Lembor siang ini, Rabu (10/04/2019).

Mengangkat sebuah bukti kekisruhan Pemilu, contoh kasus Pilkades Wae Mowol beberapa waktu yang lalu, kepada puluhan saksi parpol Camat Pius menekankan pentingnya para saksi untuk menghitung dengan cermat jumlah Surat Suara Terkirim, yang digunakan dan blanko. Dan semua proses pun wajib dibuatkan Berita Acara.

” Jangan belakangan baru ribut. Jangan gunakan katanya katanya. Jadi Bapak Ibu saksi harus cermati dengan baik “, ujar Camat Pius.

Pantauan media, pembukaan Pelatihan Saksi oleh Camat Lembor Pius Baut terpaksa molor sekitar sejam dari jadual seharusnya yakni tepat Pukul 09.00. Hal ini dikarenakan oleh keterlambatan para peserta. Dari total 547 orang saksi parpol, nampak hanya puluhan orang saja yang hadir tepat waktu.

Selain soal keberadaan saksi parpol dan hubungannya dengan Pemilu Damai dan JURDIL, dalam sambutanya pula Camat Pius pun menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilu adalah merupakan kewajiban Pemerintah. Salah satunya, ujarnya yakni kegiatan Pelatihan Saksi Parpol ini. Termasuk melakukan perekaman e-KTP atau menerbitkan SUKET (Surat Keterangan) Kependudukan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman e-KTP.

” Kewajiban – kewajiban semacam itu semuanya bertujuan untuk memastikan setiap Warga Negara yang berhak memilih bisa menyalurkan hak politik masing – masing. Dan juga untuk memastikan Pemilu berjalan tertib, aman dan damai serta JURDIL “, ujar Camat Pius.

” Masyarakat masih diberi kesempatan untuk bisa memberikan hak pilihnya “, sambung Camat Pius menginformasikan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Manggarai Barat hingga saat ini terus melayani penerbitan e-KTP dan SUKET, bukti sudah melakukan perekaman e-KTP.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Camat Pius Baut kembali menegaskan pentingnya menciptakan Pemilu 2019 yang Damai. Caranya, ungkapnya, pertama, adanya komitmen Pemilu Damai tersebut, lalu memahami semua aturan dan mekanisme yang berlaku.

” Kita semua dan Bapak Ibu para saksi tentunya sudah diberikan tanggung jawab untuk itu. Pemilu harus Damai. Kuncinya, Harus Paham Aturan. Paham setiap mekanisme Pemilu “.

” Baca dan bila perlu, bawa regulasi ke TPS.
Jangan gunakan katanya katanya “.

” Seizin Tuhan Yang Maha Esa dan kita semua, Bimtek ini saya buka dengan resmi “, pungkas Camat Lembor Pius Baut, SE, M.Si.

Pelatihan Saksi Parpol oleh Bawaslu Kecamatan Lembor sesuai daftar peserta seharusnya diikuti oleh 547 orang. Diselenggarakan di Aula Paroki Santa Familia Wae Nakeng.

Dengan agenda tunggal ‘ Tugas Pokok Saksi ‘ dibagi dalam dua sesi dengan pelatih yaitu Ketua Bawaslu Marini Sunarti Lujunai dan Ardianus Harto. Dan susunan kepanitiaan yaitu Ketua Kosmas Gaib, Sekretaris Grasplita E. Lita, Bendahara Maria M.R. Baben. Anggota – anggota yaitu Marini Sunarti Lujunai, Agustinus Suwardi, Gabriel Jegabut, Sofia M. Mei, Theresia A.S. Vidin, Yohanes R. Hardi dan Heribertus Nenggor. (Red)

News Feed