oleh

Puluhan Petugas Pengairan DI Lembor Bersihkan Selokan Irigasi

MANGGARAI BARAT, SEKILASINDO. COM-Puluhan pegawai pengairan di bawah Kantor Daerah Irigasi (DI) Lembor, siang ini Selasa (9/04/2019) lakukan bakti bersama membersihkan saluran irigasi Wae Sesap. Mereka, para petugas PPA dan POB serta pendamping masyarakat dari Program IPDMIP Bappeda Provinsi NTT bergotong royong mengeluarkan tumpukan sedimen yang berupa lumpur dan sampah keras dari dalam selokan. Rerumputan yang menjalar sepanjang bantaran selokan pun dibersihkan.

Sementara itu secara terpisah beberapa poin ditegaskan oleh Kanisius Bambur, Kepala Juru Pengairan DI Lembor, Manggarai Barat.

” Petugas kepengairan di level mana pun jangan datang sesekali hanya menjelang terima gaji. Lalu, Petugas OP harus kerja rutin, meski gaji belum diterima. Dan OP, akan selalu dievaluasi kinerjanya masing – masing “, ujar Kepala Juru Kanis.

Terkait masalah pendistribusian air, khususnya saat Musim Tanam II (Musim Kemarau), sistem pendropingan air kerap menyebabkan konflik di antara sesama petani dan dengan petugas pengairan.

Menurut Kepala Juru Pengairan DI Lembor yang membawahi areal total 11.323 hektare ini, kondisi ini harusnya menjadi urusan utama kelembagaan petani. Baik GP3A (Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air) dan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air).

Para petugas Pengairan DI Lembor saat melakukan pembersihan bantaran Saluran Wae Sesap siang ini (Selasa, 9/04/2019).

Sementara itu Stef Sabut, Petugas Pembagi Air (PPA) Wae Kanta meminta agar semua petugas DI Lembor bahkan unsur Koramil Malawatar dilibatkan untuk melarang para petani merontok gabah sepanjang bahu jalan Labuan Bajo – Malawatar, khususnya di Area Persawahan Watu Lendo – Simpang Siru.

” Jerami dibuang begitu saja ke saluran selokan. Ini harus dihimbau ulang “, pinta PPA Wae Kanta Stef Sabut.

” Hari Minggu bisa disampaikan lewat mimbar Gereja saat ibadah di Kapela Lendo “, timpal rekannya PPA Wae Kanta Lambertus Agung.

Oleh Kepala Juru Pengairan Kanisius Bambur menanggapi hal itu, katakan bahwa akan dilakukan kerja sama dengan personil Tentara Koramil 1612 Malawatar Lembor.

” Saya akan koordinasi dengan pak Tentara dari Koramil “, ujarnya seraya menyampaikan kendala tugas mereka yakni belum adanya komputer operasional. Termasuk meja kursi perkantoran lainnya.

” Kami sangat membutuhkannya dan sudah sering kami sampaikan baik ke Kabupaten pun Provinsi “, pungkas Kanisius Bambur, Kepala Juru Pengairan DI Lembor. (red)

News Feed