oleh

Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu, Dandim 1425 Jeneponto: Harap Tetap jaga Netralitas

JENEPONTO, SEKILASINDO.COM – Seluruh Personel TNI Kodim 1425 Jeneponto, bersama sejumlah personel kepolisian Polres Jeneponto melaksanakan nonton bareng (Nobar) bertempat di kantor Makodim 1425 Jeneponto, Senin (08/4/2019) malam.

Nonton bareng yang dilaksanakan itu, berdasarkan imbauan Kodam XIV Hasanuddin dan Korem yang sebelumnya melaksanakan nobar terkait kesiapan keamana pemilu 2019, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Arh Sugiri saat usia nonton bareng kepada media.

“Jadi nobar kita malam ini, kebetulan wawancara live bapak Kapolda Sulsel, bapak Pangdam dan bapak Ketua Bawaslu Sulsel, tentang bagaimana kesiapan masing-masing pihak untuk mengamankan pemilu pada 17 April 2019 nanti,” katanya.

Kemudian dari situ tutur Dandim, ditekankan untuk mendapatkan poin inti. Pertama tentang netralitas, seperti yang disampaikan oleh Kapolda maupun Pangdam.

“Bahwa siapapun yang tidak netral baik dari TNI – Polri maupun dilingkup kecil Polres dan Kodim, akan dilaporkan dan diproses secara hukum oleh Bawaslu sesuai dengan UU yang berlaku,” tekannya.

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Arh Sugiri, Wakapolres Jeneponto, KOMPOL, H. Marikar, para Kabag Polres Jeneponto serta Kasat Intel, Kasat Lantas dan seluruh Porsonel Kodim 1425 Jeneponto.

Poin yang kedua lanjut dia, TNI siap mengawal dan mengamankan masyarakat. Dan untuk lebih menyakinkan lagi kepada masyarkat pada saat pencoblosan nanti, TNI akan kawal mulai berangkat ke rumah sampai ke TPS.

“Jadi pemilih bukan hanya sampai di TPS saja. Tapi kita akan kawal sampai ke rumahnya lagi untuk menjamin keamanannya dan betul-betul aman, tanpa ada intimidasi dari pihak manapun juga,” lanjutnya.

Lanjut ARH Sugiri Mengatakan, Untuk personel Kodim sendiri menyiapkan 206 personel, untuk mengawal jalannya proses pencoblosan dan akan ditambah lagi cadangan dari 726.

“Minimal kita akan siapkan satu peleton dan itu bisa lebih ketika kondisi memaksakan dilapangan. Cuma yang kita siapkan dari 726 satu peleton,” tutup Sugiri.*(Rils/Fir).