oleh

Penanganan Bencana Longsor Manggarai Barat Dijamin Transparan

MANGGARAI BARAT, SEKILASINDO. COM-Penanganan bencana longsor yang melanda Kabupaten Manggarai Barat, dijamin transparansi penanganannya.Demikian ditegaskan oleh Bupati Mabar Drs. Agustinus Ch. Dula di Ruangan Kerja Bupati katakan Rabu, (27/03/2019).

” Saya menjamin bahwa dana kebencanaan sudah sangat transparan karena setiap saat diisntruksikan kepada jajarannya untuk mengadministrasikan aktivitas dan keuangan sesuai petunjuk teknis yang diwajibkan. Bahkan, kata Bupati, laporan bencana alam ini pun sudah dikirimkan kepada Pemerintah Pusat sebagai laporan.” ujanya Bupati

Pentingnya transparansi keuangan, tegas Bupati pula, karena mengingat banyaknya warga yang menjadi korban. Rasa empatik mendalam kepada mereka inilah yang harus dimiliki oleh semua jajarannya untuk tidak “bermain – main” dalam keadaan ini.

” Apalagi banyak pihak yang terlibat, tentu semua harus saling terbuka. Dan terutama, ketaatan terhadap aturan itu sendiri “, ujar Bupati Gusti.

Disentil pula oleh Bupati, bahwa Kepala BNPBD Provinsi NTT sudah tegaskan bahwa kebencanaan adalah P1 atau Prioritas Utama setiap SKPD di level pemerintahan mana pun. Dan prinsip kebencanaan yaitu ada korban ada bantuan.

” Jangan sampai tidak ada korban tapi ada bantuan pun sebaliknya, tidak ada bantuan padahal ada korban. Atau dengan kata lain harus sesuai kenyataan, sesuai kejadian – kejadian di lapangan. Lalu tertata dengan baik, sesuai aturan sehingga jelas “, ujar Bupati.

Jika ada pihak yang ingin mengecek pengelolaan Bencana Longsor, Bupati pun mempersilahkan untuk meminta informasi detail di Posko Bencana Longsor.

” Silahkan datang dan tanyakan apa saja yang ingin diperoleh dari penanganan Bencana Longsor ini “, pungkas Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula seraya meminta uluran tangan Pemerintah Pusat membantu Pemkab Mabar selanjutnya. (Red)

News Feed