oleh

Masyarakat Desa Liang Sola Deklarasikan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

MANGGARAI BARAT, SEKILASINDO. COM-Pemerintah Desa dan Warga Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor menyatakan kesiagaan melakukan pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2019. Demikian pernyataan yang mereka nyatakan dalam kegiatan simulasi yang diselenggarakan di Tando, Liang Sola pada hari ini, Rabu (3/04/2019).

Simulasi melibatkan belasan warga terdiri dari aparat pemerintah Desa, tokoh masyarakat dan perwakilan perempuan. Disaksikan pula oleh 3 (tiga) anggota Komisioner Panwaslu Kecamatan yakni Ketua Marini Sunarti Lujunai (Divisi SDM), Ardianus Harto (Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga/PHL) dan Agustinus Suwardi (Divisi Hukum, Pelanggaran dan Penindakan/HPP).

Kades Liang Sola, Ardianus Harsi sekaligus Ketua Simulator, menegaskan bahwa Pengawasan Partisipatif Adalah Cara Masyarakat Mengurangi Kecurangan – Kecurangan Pemilu.

” Pengawasan oleh masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) mutlak diperlukan. Caranya dengan harus berani menolak politik uang (money politic), menolak berita bohong atau hoax, menolak isu SARA dan ujaran kebencian “, ujar Kades Harsy.

Lanjutnya, pengawasan partisipatif juga merupakan bentuk dukungan Masyarakat terhadap tugas Panwaslu baik Panwaslu Kabupaten Manggarai Barat terutama Panwaslu Kecamatan Lembor. Dan sebagai bentuk sumbangsih Masyarakat Desa Liang Sola dalam Pesta Demokrasi 5 tahunan ini.

Kades Harsy pun menghimbau warga Masyarakat Desa Liang Sola untuk penuhi TPS – TPS dan berani menyalurkan aspirasi politik mereka masing – masing pada Hari H Pemilu 17/04/2019 nanti.

Desa Liang Sola, diinformasikan pula oleh Kades Harsi juga mendirikan Posko Centra Pengawasan Partisipatif. Rencananya Posko ini akan dibuka secara resmi pada H – 7 dan bertujuan menghindari terjadinya praktik – praktik curang.

” Posko ini diharapkan menjadi ruang bersama para stakeholders untuk terbuka satu sama lainnya. Dan juga tempat bagi Warga untuk berkonsultasi tentang Pemilu 2019 “, kata Kades Harsy.

” Di sini tempat semua pihak menjaga kualitas pemilu 2019 yang JURDIL LUBER “.

Tidak hanya ini, mengantisipasi terjadinya praktik “Serangan Fajar” pun, Ardianus Harsy yang baru beberapa bulan dilantik sebagai Kepala Desa Liang Sola pun siap bekerja sama dengan Panwascam untuk membuka posko siskamling.

” Jika ada permintaan dari penyelenggara pemilu lainnya. Kami siap bekerja sama untuk antisipasi Serangan Fajar “, pungkas Ardianus Harsy.

Sementara itu, mewakili Panwaslu Kecamatan Lembor, komisioner dan Kepala Divisi HPP, Agustinus Suwardi mengapresiasi inisiatif Kades Liang Sola dengan Kegiatan Pengawasan Partisipatif ini.

” Kami sangat mengapresiasi inisiasi kegiatan oleh Kades Liang Sola. Ini selaras dengan semangat pengawasan pemilu Bawaslu RI yaitu Bersama Rakyat Kita Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakan Keadilan Pemilu “.

Panwaslu Lembor pun, ujar Suwardi menghimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam Pemilu. Peran aktif itu, kata Suwardi yakni dengan melaporkan pelanggaran – pelanggaran pemilu.

” Laporan masyarakat atau temuan awal akan ditindaklanjuti atau diinvestigasi secara mendalam oleh Panwaslu. Selain upaya – upaya Pencegahan, Pengawasan dan Penindakan oleh Panwaslu “, pungkas Agustinus Suwardi seraya menyampaikan agenda patroli dan sosialisasi rutin Panwaslu Kecamatan Lembor untuk mencegah terjadinya praktik – praktik Serangan Fajar. (*)

News Feed