oleh

Usai Meresmikan, Bupati Takalar Berharap Desa Mart Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

TAKALAR, SEKILASINDO.COM — Satu lagi karya terbaik yang dihasilkan oleh Pemkab Takalar melaui badan usaha milik desa (BUMDes) bekerjasama Perusda. karya ini bernama Desa Mart yang diresmikan oleh Bupati Takalar H Syamsari S, Pt, MM, di Desa Bontomangape Kecamatan Galesong Kab. Takalar, Rabu 27 Maret 2019.

Peresmian ditandai dengan penggutingan pita oleh Bupati Takalar didampingi Kepala PMD Kab. Takalar,  dan Kepala Desa Bontomangape dan penandatangan kerjasama antara Bumdes Karya Mandiri dengan Perusda Takalar yang disaksikan oleh Bupati Takalar.

Dalam peresmian tersebut, bupati meninjau langsung barang dagangan yang dijual di toko Desa Mart.

Sebelum meresmikan Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan terbentuknya desa mart merupakan suatu kerjasama yang baik antara Perusda Takalar, Bumdes dan BPR Takalar.

Dibentuknya desa mart ini sesuai dengan visi misi pemda Takalar yaitu pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada desa.

“Bumdes juga diharapkan menyediakan barang yang dibutuhkan didesa seperti kebutuhan petani meliputi pupuk dan bibit tanaman sehingga para petani tidak perlu lagi membeli di luar Kabupaten,” ujar H Syamsari.

Ia juga mengharapkan Takalar kedepan akan menjadi pusat distribusi Barang dengan diaktifkan secepatnya pelabuhan boddia sehingga bisa menjadi pintu keluar masuknya barang. Pemerintah Kabupaten Takalar berusaha mencotohkan agar Kabupaten Takalar menjadi Pusat perekonomian bagian selatan Takalar.

“Dengan adanya desa mart ini dapat  memotivasi desa-desa lainnya sehingga pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan, dan dengan dana desa para kepala desa dapat membuat program-program yang mengacu para pertumbuha ekonomi desa sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakatnya,” tutup H Syamsari.

Kepala Dinas PMD Kab. Takalar H. Andi Guntur Hakim, S.Sos. MM dalam arahannya menyampaikan bahwa desa mart ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kab. Takalar dan dengan dana desa kita bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga angka kemiskinan bisa dikurangi dan meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan.

Kepala Desa Bontomangape selaku Dewan Penasehat Bumdes Karya Mandiri Karyani Ramli, S.P dalam laporannya menjelaskan bahwa suatu kebanggan tersendiri bagi Desa Bontomangape karena dari 100 desa di Kab. Takalar, Desa Bontomangape menjadi desa percontohan Desa Mart. Mudah-mudahan dengan adanya desa mart ini, dapat meningkatkan PAD desa.

Peresmian di saksikan Camat Galesong, Camat Galut, Camat Galsel, Dirut BPR Galesong,Kepala Puskesmas Bontomangape, beberapa Kepala Desa, Tokoh Masyarakat setempat dan masyarakat sekitar.

News Feed