oleh

Kemeriahan Festival Buah Sinjai 2019

SINJAI, SEKILASINDO.COM – Festival Buah Sinjai (FBS) 2019 yang digelar Pemkab Sinjai di Lapangan Bikeru 1, Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan berlangsung meriah, Sabtu (23/3/2019).

Event pertama di Kabupaten Sinjai ini mengangkat tema “Buah Unggul dan Berdaya Saing” kerjasama Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulsel.

Ketua Panitia, Drs. Yuhadi Samad dalam laporannya menyampaikan, bahwa selain untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah-buahan di Kabupaten Sinjai, FBS juga bertujuan untuk meningkatan kualitas, kuantitas dan produksi buah-buahan.

“FBS ini juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat tentang buah-buahan lokal Sinjai, sekaligus untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dalam pengembangan buah,” pungkas Yuhadi yang juga Kepala Disparbud Sinjai.

Perwakilan dari Bank Indonesia Yayat Cadarajat menyampaikan bahwa kerjasama dengan Kabupaten Sinjai sudah dilakukan sejak tahun 2015 yang dimulai dengan pengembangan claster cabe. Tahun 2018 menyediakan BI Corner, yang bertujuan  meningkatkan pelayanan di BI Corner, dalam hal pengembangan Parawisata agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sinjai.

Selain itu BI akan meningkatkan sarana dan prasarana kawasan mongrove tongke-tongke. Iya juga menyampaikan bahwa festival ini dilaksanakan untuk mengetahui buah unggulan yang akan diekspor

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa saat membuka event ini menuturkan, akan berupaya menjadikan FBS sebagai event tahun di Provinsi Sulsel, meski dikatakan Festival buah pernah dilaksanakan di Sulsel namun fakum hingga saat ini.

Untuk mewujudkan hal itu, Andi Seto mengajak seluruh masyarakat Sinjai untuk lebih proaktif mengembangkan event ini, termasuk bagaimana mengemas FBS dengan baik dan menarik hingga mempromosikannya.

”Kita ingin FBS ini bisa dipromosikan agar dikenal secara luas tidak hanya di masyarakat Sinjai akan tetapi juga dikenal di daerah lain, atau kepada wisatawan sebagai daya tarik wisata di Sinjai,” jelasnya.

Turut hadir, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sinjai, Forkopimda, perwakilan Dinas Pertanian Sulsel, kepala kantor BI Sulsel, Sekda Sinjai, Asisten, Staf Ahli, Ketua TP PKK Sinjai, mantan Bupati periode 1993-2003, dan periode 2003-2013, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, pimpinan BUMN/BUMD, Camat, Lurah dan Desa Se-Kabupaten Sinjai

Aswin rasyid

News Feed