Daerah

Wujudkan Partisipasi Anak Demi Pembangunan, Bappeda Gowa Gelar Musrenbang Anak

×

Wujudkan Partisipasi Anak Demi Pembangunan, Bappeda Gowa Gelar Musrenbang Anak

Sebarkan artikel ini

GOWA,SEKILASINDO.COM – Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunanan (Musrenbang) Anak dengan tema ‘Anak Gowa sehat, kuat, cerdas, bangkit untuk Indonesia Jaya’, di Baruga Tinggi Mae Rujab Bupati Gowa, Jumat (22/3/2019).

Kegiatan yang dihadiri perwakilan anak dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa ini dilaksanakan untuk mendorong anak-anak menggunakan haknya dalam menyampaikan suatu pendapat.

Click Here

“Ini kita lakukan untuk mewujudkan partisipasi anak demi pembangunan Kabupaten Gowa yang merupakan indikator dalam mewujudkan kabupaten Gowa menjadi kabupaten layak anak (KLA),” ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan, Taufik Mursad.

Selain itu, Taufik mengaku kegiatan ini juga ditujukan untuk menyelaraskan prioritas sasaran pembangunan daerah dengan suara dan aspirasi anak secara proporsional, agar prioritas pembangunan dan program lebih responsif terhadap anak .

“Kita sadar dalam menyusun rencana pembangunan dibutuhkan aspirasi anak, apalagi di Gowa 33,4 persen merupakan usia anak dari keseluruhan penduduk Kab Gowa. Sehingga kami menggelar Musrenbang anak yang ke tiga kalinya ini agar anak ikut serta dalam menyuarakan pendapatnya, dan kebutuhan hak anak bisa terpenuhi,” jelasnya.

Oleh karena itu dihimbau agar saat diskusi nanti, anak bisa aktif dalam berpendapat, dan bersuara demi Gowa yang lebih baik.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis sekaligus membuka kegiatan mengatakan, jumlah anak di Kabupaten Gowa cukup besar yakni 252.056 atau 33,4 persen. Jumlah tersebut harus diperhitungkan dalam setiap pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kepentingan anak.

“Anak itu berbeda dengan orang dewasa, dan anaklah yang lebih tau masalah, maupun kebutuhannya, sehingga hari ini kami melibatkan anak dalam proses pembangunan mulai dari tahap perencanaan,” terangnya.

Diakhir kegiatan, turut sertakan launching A’Batik (Ana’ Gowa Bebas Sampah Plastik) salah satunya mengganti minuman kemasan dengan tumbler. Dihadiri Kepala SKPD lingkup Pemkab Gowa, Forum Anak se-Kab Gowa, perwakilan lembaga disabilitas, LSM dan Pemerhati Anak. (Shanty)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d