oleh

Jelang Panen HBP 55, Petugas Rutan Rangkasbitung gelar Penghijauan di Pondok Asumilasi

LEBAK, SEKILASINDO. COM-Jelang Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke- 55 sekaligus persiapan Panen Raya Hasil Budidyaa Pertanian, Seluruh petugas kompak melaksakan apel siaga dan melaksanakan Penghijauan dan penanaman Pohon di Area Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung, Cibadak, Jum’at (22/03).

Kegiatan tersebut juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan Correctional Fair 2019 yang menjadi unggulan Rutan Rangkasbitung yaitu Garden Festival atau festival Kebun yang akan dilaksanakan pada bulan April 2019.

Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap mengkonfirmasi kebenaran kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan kegiatan penghijauan penting sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Penghijauan dan penanaman merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam agenda Pemasyarakatan peduli lingkungan, menjelang hari bhakti Pemasyarakatan ke 55 tahun 2019, kita membuktikan bahwa kita semua konsen terhadap keberlangsungan lingkungan, oleh karena kami memilih lahan Pondok Asimilasi karena berada di pusat Kota, menjadi hutan kota yang mampu menjadi resapan air bagi libgkungannya” Ujar Aliandra

Senada dengan Karutan, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Dede Ukmartalaksana menyampaikan pondok asimilasi memiliki luas 2.4 hektar sehigga cocok untuk dilakukan penghijauan.

“Dipondok asimilasi, ini dilakukan budidaya juga, ada bawang merah dan cabai rawit seluas 10rb m2, insyallah sebulan kurang lagi bisa panen raya, dan menjelang panen tersebut sekeliling arenya kita lakukan penghijauan dan penanaman pohon, baik tanaman keras seperti jabon putih maupun tanaman buah seperti sirsak, durian dsb” Tutur Dede sapaan akrabnya.

Sementara Petugas pembina pondok Asimilasi, Ruli rusandi, menyampaikan agenda seperti ini sangat baik jika di gelar secara rutin, pasalnya kita memiliki area seluas ini, bermanfaat sebagai hutan kota yang mampu menjadi resapan air, dan pengendali polusi udara. Pondok asimilasi juga menjadi tempat pembinaan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang sedang menjalankan asimilasi bidang pertanian dan perkebunan, insyallah akan bermanfaat bagi kita, WBP dan masyarakat sekitar” pungkas ruli. (*)

News Feed