Daerah

Isi Dialog Kebangsaan di UIN SMH Banten, Mahfud MD : Pancasila Tidak Bertentangan Dengan Islam

×

Isi Dialog Kebangsaan di UIN SMH Banten, Mahfud MD : Pancasila Tidak Bertentangan Dengan Islam

Sebarkan artikel ini

SERANG, SEKILASINDO. COM-Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat (BPIP), Mahfud MD mengisi dialog kebangsaan di Universitas Islam Negeri Sultan Maulan Hasanuddin (UIN SMH) Banten yang berlangsung di Aula Saydzeli Hasan, Senin (18/03/19).

Ia menegaskan bahwa sistem kenegaraan bangsa Indonesia yang sudah ada tidak bisa dipertentangkan dengan sistem khilafah.

Click Here

“Khilafah itu bukan sesuatu yang kita setujui, tetapi negara Pancasila ini sama sekali tidak bertentangan dengan Islam,” Demikian dikatakan mantan ketua mahkamah konstitusi ini dihadapan ratusan mahasiswa UIN SMH Banten pada acara Suluh Kebangsaan.

Lanjutnya, Negara dibangun atas perjuangan tokoh dan umat Islam secara bersama-sama dengan tokoh lain yang hidup saat itu sehingga negara ini disebut negara kesepakatan, negara yang hadir dalam perjanjian.

Pada kesempatan ini juga, Mahfud MD juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan Mahasiswa di Banten untuk melaksanakan kehidupan sesuai dengan prinsip yang sudah diciptakan bersama.

“Yang pertama kita harus bersatu sebagai bangsa di dalam rangka bersatu itu, karena kita berbeda-beda maka ada demokrasi yang memiliki tiga kunci yakni kebebasan, kebersamaan dan kesejahteraan bersama,” katanya.

Oleh karena itu, Mahfud MD berpesan boleh bermusuhan secara politik dalam rangka kebebasan kebersamaan kedudukan tapi jangan merusak kesatuan yang telah ada.

“Itu yang penting karena sekarang gejala itu yang muncul, sepertinya pemilu itu hidup mati, kalau tidak itu yah tidak. Pilih saja kalau udah beres bersatu lagi bangun bangsa ini jangan sampai terpecah,” tandasnya. (SA/RED)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d