Daerah

Over Runwai Pesawat Caravan Menabrak Tumpukan Batu di Ilaga Papua

×

Over Runwai Pesawat Caravan Menabrak Tumpukan Batu di Ilaga Papua

Sebarkan artikel ini

PUNCAK JAYA, SEKILASINDO.COM –  Kecelakaan pesawat terjadi lagi di Papua. Insiden ini terjadi di bandara Aminggaru Ilaga Kabupaten Puncak pada 11/03/2019 sekitar 07.51 WIT. Kali ini menimpa pesawat jenis caravan milik maskapai Dabi Air PT. Nusantara dengan No: PK-DPT pilot oleh Capt. Judha A dan Dendi Anugerah (Co Pilot).

Pesawat tersebut berangkat pada pukul 07.21 dari bandara Moses Kilangin Timika menuju ke Bandar udara Aminggaru Ilaga Distrik Omukia Kab. Puncak dengan membawa barang Logistik/Bamak milik Sdr. Idon (agen Pesawat Alda Air).

Click Here

Pada saat landing di Bandara udara Aminggaru Ilaga Kab. Puncak, pesawat mengalami Over Runway (Inciden Report) yang di sebabkan oleh rem pada pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT tidak berfungsi dan kondisi bandara licin/basah sehingga pesawat mengalami Over Runway dan menabrak tumpukan batu yang berada di ujung Runway, pesawat mengalami rusak pada Landing Gear, Propeler dan Baling-baling depan.

Aparat keamanan gabungan TNI-Polri terdiri dari anggota Koramil 1714-03 Ilaga, personel Paskhas TNI AU dan Polres Ilaga di dipimpin oleh Danramil Mayor Inf Jalu bersama masyarakat membantu melaksanakan evakuasi dan pengamanan Bandara.

Pilot Capt. Jundha A dan Sdr. Dendi Anugerah (Co Pilot) berhasil keluar dari pesawat dengan selamat. Pukul 08.10 WIT barang Logistik/Bamak (1270 Kg) milik Sdr. Idon dikeluarkan dari pesawat dan di bawa menuju gudang bandara untuk di periksa.

Sementara itu Capt. Jundha A (Pilot) dan Sdr. Dendi Anugerah (Co Pilot) di bawa menuju ke tower Bandara untuk di minta keterangan oleh pihak perhubungan terkait Over Runway pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT (Caravan).

Pada Pukul 08.40 WIT setelah Capt. Jundha A (Pilot) dan Anugerah Dendi Anugerah (Co Pilot) selesai di mintai keterangan oleh pihak perhubungan udara kembali ke Timika dari bandara Aminggaru Ilaga Kab. Puncak dengan menggunakan Pesawat Dabi Air PK-DPW.

Dari insiden tersebt tidak korban jiwa. Saat ini situasi di Bandara dan kota Ilaga secara umum kondusif, namun aparat keamanan masih berjaga-jaga memantau perkembangan situasi.

RK

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d